Cara Menyembunyikan Foto Tertentu di Galeri Anda, Jaga Privasi Anda Tetap Aman

person using smartphone

Foto adalah cara untuk mengabadikan momen yang dapat diakses secara instan. Hanya berbekal smartphone, Anda bisa mengabadikan momen dalam kualitas foto terbaik. Anda hanya perlu menyimpannya ke perpustakaan foto Anda dan membukanya kembali jika Anda ingin mengingat momen itu.

Terkadang Anda memiliki foto rahasia yang tidak ingin dilihat orang lain. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyembunyikan beberapa foto di galeri telepon. Nah, ternyata ada cara mudah untuk menyembunyikan beberapa foto di galeri ponsel. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan foto Anda diketahui orang lain.

Anda dapat menyembunyikan beberapa foto di ponsel menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store. Beberapa aplikasi memiliki versi berbayar untuk memperpanjang kemudahannya.

Berikut cara menyembunyikan berbagai foto yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber:

LockMyPix

Ada banyak aplikasi yang mengklaim bahwa Anda dapat menyembunyikan foto Anda dari mata-mata, tetapi LockMyPix mengklaim bahwa aplikasi tersebut paling menonjol karena kesederhanaan dan keamanan yang ditawarkannya, bahkan dalam biaya versi gratis. Aplikasi mengunci file foto Anda dalam folder yang dilindungi oleh standar enkripsi AES militer, dapat diakses melalui PIN, pola, atau sidik jari.

Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang intuitif yang memungkinkan Anda untuk mengkodekan foto atau video langsung dari aplikasi itu sendiri. Aplikasi ini dapat dengan mudah disembunyikan dari laci aplikasi.

Beberapa fitur lain yang menonjol termasuk cara membuat ruang palsu dengan PIN pribadi, dukungan untuk foto di kartu SD Anda, cadangan terenkripsi, dan dukungan file GIF.

LockMyPix Pro versi berbayar menawarkan lebih banyak opsi bagi mereka yang benar-benar paranoid dalam hal keamanan foto. Misalnya, Anda bisa mendapatkan opsi untuk mengatur kredensial login palsu di versi Pro, jika seseorang menemukan folder Anda dan meminta untuk masuk, Anda dapat memberi mereka akses ke baris ‘umpan’ pintu.

Versi berbayar juga menawarkan kompatibilitas kartu SD dan kemampuan untuk menyamarkan aplikasi sebagai sesuatu yang lain. Tentu saja, versi berbayar juga membuat seluruh pengalaman bebas iklan.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store. Sedangkan versi berbayar dibandrol dengan harga Rp239.000.

Astro Manajer File

Jika Anda lebih suka menggunakan pengelola file daripada aplikasi pengunci galeri, ikuti saja langkah-langkah sederhana ini. Pertama, unduh Astro File Manager di Play Store.

2. Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi, pilih Gambar utama dan Alur.

Sekarang tekan dan tahan folder yang ingin Anda sembunyikan.

4. Setelah disorot, tekan tombol menu (tiga titik di kanan atas layar). Dari sini, ganti nama opsi.

5. Sekarang, ganti nama folder .nomedia dan pastikan Anda memiliki titik sebelum teks. Klik ganti nama dan foto akan dirahasiakan.

Jika Anda ingin melihat folder tersembunyi ini lagi di Astro, Anda harus masuk ke menu dan tekan View Settings. Kemudian klik pada Tab Lanjutan. Yang harus Anda lakukan adalah mencentang kotak di sebelah opsi “Tampilkan file tersembunyi” dan kembali ke aplikasi. Kemudian Anda akan melihat folder yang Anda sembunyikan sebelumnya. Jika Anda ingin menyembunyikannya lagi, jangan rename dulu.

Vaulty

Vaulty telah memantapkan dirinya sebagai aplikasi penyembunyi konten terkemuka. Ratusan ribu pengguna telah meninggalkan ulasan positif di Google Play Store.

Semua foto yang Anda kunci hanya dapat dilihat di dalamnya. Galeri juga memungkinkan Anda membuat folder yang berbeda, yang berarti anda memiliki kumpulan foto yang berbeda untuk dilihat orang yang berbeda. Semua barang Anda dapat dilindungi kata sandi dan bahkan membuka media Anda sehingga aman jika Anda kehilangan ponsel.

Keepsafe

Keepsafe Vault adalah pesaing terbesar Vaulty. Kumpulan fitur sangat mirip; Semua foto Anda dilindungi kata sandi dan dienkripsi, dan Anda dapat mencadangkan gambar satelit anda ke aplikasi penyimpanan cloud. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang menyembunyikan ikon layar, yang berarti tidak ada orang yang membuka ponsel Anda tahu bahwa Anda menyembunyikan sesuatu.

Terakhir, aplikasi ini memiliki fitur penghancuran diri seperti Snapchat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi foto yang dihapus setelah 20 detik dengan pengguna aplikasi lain.

Hide Something

Hide Something adalah cara jitu lainnya untuk menyembunyikan foto di Android. Sekali lagi, Anda dapat menyembunyikan foto Anda di balik PIN dan kata sandi, dan semua gambar anda akan dicadangkan ke Google Drive.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur unik. Pertama-tama Anda dapat menyimpan file atau folder apa pun di ponsel Anda dan brankasnya menggunakan menu bagikan.