3 Cara Merawat Kucing Anggora yang Wajib Anda Ketahui

Cara Merawat Kucing Anggora yang Wajib Anda Ketahui

Pembahasan kali ini ialah tentang bagaimana cara merawat kucing anggora? Tentu nama kucing anggora terdengar umum ditelinga kita dan langsung terlintas tentang bagaimana keindahan hewan lucu ini terlebih pada bagian bulunya yang sangat lebat serta indah. Merawat kucing anggora itu berbeda dengan cara perawatan kucing jenis biasa dan bisa dikatakan susah-susah gampang. Apalagi merawat bulunya yang begitu lebat.

Di Indonesia sendiri kucing anggora sangat populer dan banyak menjadi hewan peliharaan masyarakat. Karena keunikan fisik dan tingkah lakunya yang membuat semua orang menjadi jatuh hati dan ingin memeliharanya di rumah. Terlebih bagi anda yang merasa kesepian dan sendirian di rumah maka memelihara jenis kucing manis ini adalah solusi terbaik untuk diajak bermain di rumah. Karena tingkahnya yang teramat lucu mampu menghibur anda yang tadinya merasa kesepian.

Namun ternyata merawat kucing anggora tidak semudah bermain dengannya. Kucing ini butuh perawatan teratur dan intens untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulunya. Bagi anda yang sudah memiliki kucing anggora atau anda yang akan segera memelihara kucing anggora pastikan sudah mengetahui serta memiliki peralatan untuk merawat si kucing kesayangan. Peralatan seperti kandang, makanan, shampo khusus kucing, sisir bulu, hair dryer, dan berbagai peralatan lainnya yang dirasa perlu.

Nah, setelah anda memastikan segala peralatan tersedia maka ada beberapa cara merawat kucing anggora yang perlu anda ketahui. Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Memilih Kandang yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas dalam hal perawatan kucing anggora ini gampang-gampang susah. Memang kucing anggora identik dengan keindahan dan bulunya yang mewah namun kandangnya tidak perlu dipersiapkan sangat mewah lengkap dengan peralatan bagus. Anda cukup memberikan atau membuatkan si kucing kandang yang luas. Kenapa? Karena kucing memang identik senang bermain-main.

Anda bisa menambahkan pasir zeolit, yang mana pasir ini mempunyai fungsi ganda yakni sebagai alas dan sebagai tempat buang kotoran kucing. Jadi pastikan anda untuk sering mengganti pasir ini agar selalu menjaga kebersihan kandang. Umumnya pasir bisa diganti dalam 3 hari sekali dan proses pembersihan kandang cukup 1 kali seminggu saja.

Pastikan Jaga Jenis Makanan, Pola Makan, dan Bobot Kucing

Bagi anda yang belum mengetahui salah satu masalah yang paling sering terjadi pada kucing anggora ialah masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Jadi salah satu cara perawatan kucing anggora yakni dengan memperhatikan dan selalu menjaga pola makan si kucing ini. Sebaiknya anda beri makan kucing anggora dengan makanan yang kaya dengan protein. Bahkan dokter hewan menyarankan makanan yang diberikan pada si anggora ini proteinnya sekitar 40%.

Bobot ideal dari kucing anggora jantan yakni maksimal sekitar 5,5 kg sedangkan untuk yang betina 3 hingga 5 kg. Dalam pemberian makanan bisa anda bagi menjadi dua kali sehari pagi dan sore tergantung kebutuhannya.

Perhatikan Kebersihan Bulunya

Cara merawat kucing anggora selanjutnya ialah proses perawatan bulunya. Agar bulu kucing anggora anda selalu sehat dan menarik sebaiknya sikat bulunya sekitar satu kali dalam dua hari dengan menggunakan sisir metal yang giginya panjang atau sisir khusus kucing. Penting untuk diingat saat menyisir pada bagian dada dan perut jangan terlalu keras. Bulu pada bagian dada dan perut kucing anggora sangat lembut sehingga mudah rontok.

Kucing anggora termasuk ke dalam kategori kucing berbulu medium jadi dalam proses perawatannya tidak membutuhkan banyak waktu, tenaga dan juga biaya. Tidak hanya untuk menjaga kebersihan dan menjaga penampilan menyisir bulu kucing anggora juga mengurangi risiko si kucing tertelan hair ball. Dimana akan menyebabkan masalah pencernaan nantinya.