5 Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri, Tanpa Membuat Kantong Bolong

Kamu memelihara kucing di rumah? Merasa kemahalan dengan harga makanan kucing? Kenapa tidak mencoba membuat makanan kucing sendiri? Sebenarnya harga makanan kucing mahal hanya dikarenakan ketersediaannya yang langka, akibat dari sedikitnya jumlah Pet Shop atau Pet Care yang ada di kota-kota kecil.

Tentunya harga makanan kucing yang mahal, membuat dompet menjerit. Sehingga untuk mengatasinya kamu harus mencoba membuat makanan kucing sendiri. Apalagi membuat makanan kucing tidak terlalu sulit, termasuk buat kamu yang baru mau mencoba. Mau mencoba? Yuk simak uraian tentang cara membuat makanan kucing sendiri mudah tanpa membuat kantong bolong.

main cover image eba cc aa a bc

Makanan Kucing Terbuat dari Tempe

Kucing terkenal sulit untuk memakan beberapa jenis makanan tertentu. Namun adalah beberapa bahan makanan yang dapat kita gunakan sebagai alternatif dalam membuat makanan kucing. Walaupun makanan tersebut kurang lazim dimakan oleh kucing.

Salah satu bahan makanan yang paling populer dan sering digunakan untuk alternatif dalam membuat makanan kucing sendiri adalah tempe. Berikut ini adalah cara untuk membuat makanan kucing dengan bahan dasar tempe.

  1. Siapkan bahan dan cek kualitas bahan. Pastikan kamu menggunakan bahan terbaik.
  2. Rebus ikan dan tempe. Kemudian haluskan.
  3. Siapkan nasi yang agak lembek.
  4. Setelah ketiga bahan siap, campurkan ketiga bahan dan aduk dengan merata. Jika ada kamu juga bisa menambahkan minyak ikan atau minyak zaitun ke dalamnya.

Makanan Kucing Terbuat dari Tahu

Selain tempe, tahu juga bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat makanan kucing. Fungsi tahu ini bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Lalu bagaimana cara membuat makanan kucing dari tahu? Inilah langkah-langkahnya.

  1. Siapkan daging ikan dan tahu.
  2. Rebus atau kukus tahu dan daging ikan yang sudah dipisahkan dengan durinya.
  3. Campur tahu dan daging ikan. Kemudian haluskan. Kamu bisa menghaluskannya dengan cara ditumbuk atau ditekan-tekan dengan garpu.

Makanan Kucing Terbuat dari Sayuran

Jika menggunakan tahu dan tempe sebagai makanan kucing, mungkin masih bisa diterima oleh nalar kita. Akan tetapi, bagaimana dengan sayuran? Seperti halnya yang sudah kita ketahui kucing teramat susah bahkan tidak mau jika diberi makan sayuran. Namun kamu bisa lho, membuat variasi makanan kucing dari sayur-sayuran. Caranya pun cukup gampang. Kamu hanya perlu mencampurkan sayuran dengan daging, ayam, telur atau ikan.

Namun tak semua sayuran dapat divariasikan sebagai makanan kucing. Berikut ini adalah jenis-jenis sayuran yang bisa dikombinasikan sebagai makanan sehat untuk kucing.

  • Brokoli
  • Kentang
  • Jagung, dan
  • Wortel

Membuat makanan kucing murah

Makanan Kucing Terbuat dari Ikan

Makanan kucing yang terbuat dari daging, ayam dan telur mungkin memang sesuatu yang wajar. Begitu pula halnya dengan ikan. Ikan adalah salah satu makanan favorit dari kucing. Namun tahukah kamu? Ada lho, jenis ikan yang tidak boleh dimakan kucing. Mau tahu jenis ikan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi kucing? Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang tidak boleh diberikan sebagai makanan kucing.

Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang sering diberikan kepada kucing. Padahal sebenarnya ikan bandeng kurang disarankan untuk kucing karena durinya yang banyak. Sehingga jika kamu tetap ingin memberi makan bandeng untuk kucing kesayanganmu, lebih baik kukus terlebih dahulu ikan bandeng agar duri-durinya menjadi lunak.

Ikan Tuna Kaleng

Ikan tuna kaleng memang mahal dan cenderung disukai kucing. Namun ikan tuna kaleng tidak memiliki gizi yang cukup untuk kucing. Sehingga kamu tidak boleh memberi makan tuna kaleng secara berlebihan kepada kucing peliharaanmu. Termasuk membuat makanan kucing sendiri dengan bahan dasar ikan tuna kaleng.