5 Cara Sederhana Merawat Kucing Kecil Tanpa Induk

Cara Sederhana Merawat Kucing Kecil Tanpa Induk

Bagaimana sih cara merawat kucing kecil atau anak kucing yang baru lahir? Kebanyakan orang tentu suka memiliki hewan peliharaan di rumah mereka dan salah satu hewan peliharaan favorit ialah kucing. Ya, kucing memang hewan peliharaan yang sangat menggemaskan dan mampu membuat kita menyayanginya dibandingkan dengan hewan lainnya. Seperti pertanyaan tadi tentang bagaimana merawat anak kucing tanpa induk sebenarnya tidak semudah itu karena mereka membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih ekstra.

Sebenarnya jika merawat anak kucing yang induknya masih ada tentu tidak jika dibandingkan dengan yang tidak lagi memiliki induk. Akan tetapi jika sang induk kucing sudah mati maka si pemilik harus merawat lebih ekstra dan perhatian khusus pada kucing kecil ini agar bisa tumbuh menjadi kucing dewasa.

Nah, kami akan bagikan beberapa cara dalam merawat anak kucing tanpa induk. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Cari Induk Angkat

Cara pertama yang bisa anda lakukan sebagai pemilik kucing kecil tanpa induk ialah dengan mencarikan induk angkat. Tujuannya adalah agar si anak kucing kecil tetap bisa mendapatkan asupan susu dari induk angkat tersebut. Lalu bagaimana cara mendapatkan induk angkat kucing ini? Anda bisa mendatangi dokter hewan , spesialis peternak kucing, atau para penampung kucing.

Beri Susu Formula

Ternyata tidak hanya anak bayi saja yang perlu diberikan susu formula begitu juga dengan kucing kecil tanpa induk ini. Solusi ini bisa anda lakukan jika tidak bisa mendapatkan induk angkat kucing. Sebagai solusi terbaik anak kucing bisa diberikan saja susu formula khusus. Perlu anda ingat kucing kecil dasarnya hanya bisa mengonsumsi susu induknya saja jadi anda benar-benar harus menyeleksi pemilihan susu penggantinya. Agar kelak tidak menyebabkan hal buruk kepad anak kucing anda sepeti kekurangan nutrisi, terserang diare, dan jika terus dibiarkan akan mempengaruhi pertumbuhannya.

Agar mendapatkan susu formula yang pas anda bisa dapatkan di klinik dokter hewan dan toko penjual makanan hewan baik itu secara offline ataupun online.

Perhatikan Suhu Tubuh Kucing

Cara merawat kucing kecil berikutnya adalah dengan selalu memastikan suhu tubuh anak kucing selalu dalam kondisi hangat. Kenapa? Karena anak kucing yang masih kecil belum bisa menghasilkan panas untuk dirinya sendiri hingga si anak kucing berusia hingga 4 minggu. Anda bisa membuat kucing kecil tetap hangat yakni dengan cara menempatkan mereka dalam sebuah kotak yang kokoh atau bisa juga menggunakan wadah plastik besar. Selanjutnya alas tempat tersebut dengan kain selimut yang agak tebal atau handuk tebal yang kering. Dengan begitu suhu tubuh kucing kecil akan terjaga dengan baik.

Perhatikan Ketika Kucing Lapar

Nah, hal ini perlu anda pelajari sebagai pemilik kucing yakni memahami ketika mereka sedang keadaan lapar. Ketika anda mendengar suara kucing kecil tersebut mengeong dengan keras itu tandanya ia sedang kelaparan dan siapkan lah makanan serta susu formula khusus. Akan tetapi terkadang setelah makan si anak kucing masih saja mengeong hal tersebut biasanya berarti ia tidak nyaman dan tidak bisa tertidur di tempat tersebut. Sebaiknya anda memindahkannya ke tempat yang lain.

Perhatikan Kotoran Mata Kucing Kecil

Cara merawat kucing kecil yang terakhir ialah membersihkan kotoran mata. Seekor anak kucing yang masih kecil tentu tidak bisa membersihkan sendiri kotoran matanya dan berbeda dengan kucing yang sudah dewasa atau kucing yang ada induknya. Sebagai pemilik kucing kecil ini anda juga harus memperhatikan kotoran matanya dan membersihkannya. Sama-sama kita ketahui anak kucing memang sering kali menghabiskan harinya dengan tidur, hal tersebutlah yang membuat banyak kotoran mata yang menumpuk di sekitar matanya. Anda bisa membersihkan kotoran mata tersebut ketika anak kucing tersebut terbangun