8 Kiat Kucing Hamil : Melahirkan dengan Selamat

Kiat Kucing Hamil, Melahirkan dengan Selamat Kucingdananjing com

Hewan kucing adalah hewan jinak yang mayoritas disukai oleh semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa. Kelucuan tingkah si kucing inilah yang membuat banyak orang sayang kepadanya. Jika si kucing sudah bisa diajak bermain tentunya akan membuat tuannya bahagia. Apabila, si kucing sedang hamil ada cara merawat kucing hamil yang harus Anda lakukan agar sukses melahirkan keturunan yang berkualitas.

Jangan Biarkan Berkeliaran

Kucing yang sedang hamil muda memang belum kelihatan namun tingkah lakunya akan mulai menampakkan tidak seperti biasanya. Tingkah yang tidak biasa saat hamil muda seperti malas-malasan dan cenderung emosian jika sedikit saja tersenggol. Jika sedang kondisi demikian, maka Anda harus menjaga kucing untik tetap di rumah dan jangan disatukan dengan kucing luar.

Beri Makanan Khusus

Makanan khusus kucing hamil bisa Anda beli di toko pakan kucing karena formulanya khusus tersedia komposisi vitamin kehamilan. Banyaknya vitamin yang ada di pakan ini tidak akan mencukupi dengan kehamilan kucing, maka bisa ditambahkan susu kucing hamil. Susu ini guna mengganti pakan yang tidak selera di awal kehamilan. Naluri kucing biasanya akan muncul ketika melihat tikus tetapi saat hamil muda tidak akan mengejar tikus untuk dimakan, hanya saja untuk dimainkan.

Beri Vitamin Hamil

Vitamin hamil bisa berupa kalsium secukupnya dan rangsangan vitamin makanan. Untuk mendapatkan vitamin semacam ini, bisa Anda periksakan dahulu ke dokter hewan guna mendapatkan dosis tepat. Kebanyakan vitamin dan senyawa lainnya bisa membuat cacat bawaan dari lahir.

Jangan Dimandikan

Kebersihan kucing memang harus Anda perhatikan selama hamil, namun saat hamil muda dan tua sebaiknya jangan sering memandikan kucing karena bisa membuat gugur calon janin bayi tersebut. Jika memang membutuhkan mandi sebaiknya Anda ambil air sedikit untuk mengusap bagian yang sering kotor misalnya saja bagian anus.

Kiat Kucing Hamil, Melahirkan dengan Selamat

Beri Mainan Kesukaan

Kucing hamil sama seperti dengan manusia pada umumnya memiliki kejauhan jika harus berdiam diri di dalam rumah. Anda bisa ajak si kucing untuk bermain lembut misalnya bola kecil, atau apapun yang disukai kucing. Tidak hanya itu saja, Anda bisa membuat kesan berbeda dengan kandang si kucing sehingga enggan untuk keluar rumah.

Jauhkan Dari Kucing Jantan

Ada beberapa anggapan bahwa menyatukan kucing jantan adalah hal yang baik tetapi, kucing jantan tidak akan tahan jika melihat betina. Naluri kawin akan selalu muncul maka menghindari kawin di masa hamil lebih menyelamatkan dari keguguran. Kucing jantan akan mencari cara untuk bisa bertemu dengan kucing betina namun Anda bisa kurung kucing betina di waktu kucing jantan mulai mendekat. Anda bisa juga ajak kucing betina jalan-jalan dahulu.

Rutin kontrol

Bawa selalu kucing ke dokter setiap ada perkembangan kehamilan. Biasanya dokter akan melakukan cek kehamilan setiap kontrol. Kondisi kucing hamil bisa Anda amati dengan tingkah lakunya yang akan lebih lemas dan malas. Tetapi, umum hal ini, jika sudah umur kehamilan tua maka bisa sedikit lebih aktif.

Cek cairan vagina

Cek saja vagina kucing, apakah ada tanda ada cairan keluar dengan bau yang tidak enak. Apabila keluar cairan berbau tidak sedap ada indikasi janin mati di dalam dan bisa menyebar ke indukan.

Delapan cara merawat kucing hamil di atas bisa Anda praktikan agar proses kelahirannya selamat.