Berapa Lama Kucing Hamil? Kenali Waktu dan Ciri-cirinya

Bagi kamu yang memelihara kucing mungkin sudah terbiasa melihat kucing hamil atau bahkan melahirkan. Kehamilan kucing terjadi karena sebelumnya mengalami masa kawin kurang lebih 4-10 hari. Setelah itu maka birahi kucing akan hilang dan akan kembali seperti biasa. Setelah kawin biasanya akan terjadi berbagai perubahan-perubahan terhadap kucing yang menunjukan bahwa dia hamil. Nah kamu penasaran apa saja sih tanda-tanda kucing hamil lalu berapa lama kucing hamil? Untuk memastikannya kenali ciri-cirinya pada penjelasan berikut ini.

Masa Kehamilan Kucing

berapa lama kucing hamil

Kapan sih kucing itu hamil? Tentu setelah melakukan perkawinan dengan pejantan lain. Lalu berapa lama kucing hamil? Masa kehamilan kucing biasanya berlangsung selama 58-67 hari. Walau ada beberapa kucing yang mengalami siklus kehamilan sampai 78 hari. Jadi bisa disimpulkan bahwa masa kehamilan kuring kurang lebih selama 2,5 bulan. Dalam satu kali masa kehamilan kucing bisa mengandung 1-13 anak, akan tetapi rata-rata kucing akan melahirkan 4-6 anak dalam satu masa kehamilan.

Ciri-ciri Kucing Hamil

berapa lama kucing hamil setelah melahirkan

Ada banyak tanda kehamilan kucing yang mudah untuk dikenali. Yang sangat jelas ialah perut kucing yang membesar. Sebenarnya berapa lama kucing hamil setelah dikawinkan? Biasanya proses itu terjadi setelah 10-14 hari masa perkawinan. Ciri kehamilan kucing juga berbeda-beda dari 1 minggu sampai 3 minggu setelahnya. Inilah ciri kucing hamil.

  • Banyak makan

Ketika hamil biasanya kucing akan makan 2 kali lipat lebih banyak. Hal tersebut dikarena kucing membutuhkan nutrisi dan makanan ekstra untuk bayinya. berikanlah makanan yang mengandung kalsium dan magnesium.

  • Muntah

Kucing muntah bukan berarti dia juga sakit. Itu bisa menjadi pertanda jika ia sedang mengandung. Kamu bisa memeriksanya ke dokter apabila tidak yakin.

  • Birahi kucing berhenti

Tanda kucing hamil selanjutnya yaitu ditandai dengan hilangnya birahi dan galak terhadap pejantan. Siklus birahi kucing biasanya terjadi 15-30 hari dan birahinya akan berlangsung selama 7 hari. Jika ia menolak lawan jenis bisa dicurigai bahwa dia telah hamil.

  • Perut membesar

Hal yang paling mudah diketahui ketika si kucing hamil adalah melalui perutnya. Perut kucing akan membesar ketika memasuki usia 4-5 minggu pertama. Sudah dipastikan bahwa pada rahim kucing telah ada janin kucing.

  • Puting besar dan kemerahan

Tanda puting besar dan kemerahan pada kucing terjadi pada usia kehamilan memasuki 15-18 hari. Biasanya puting kucing berubah menjadi kemerahan dan makin membesar. Bagian payudaranya juga semakin membesar dan akan sedikit mengeluarkan susu.

Jarak Kehamilan Kucing

Siklus reproduksi pada kucing terbilang pendek. Normalnya kucing yang sehat akan mengalami birahi setiap bulannya. Birahi pertama kucing terjadi pada usia 6 bulan. Setelah mengalami perwakinan dan hamil maka butuh waktu sekitar 59-63 hari masa kehamilan. Lalu berapa lama kucing hamil lagi setelah melahirkan? Normalnya kucing hamil sebanyak 3-4 kali dalam setahun. Jadi biasanya akan mengalami jarak sekitar 2 bulan untuk hamil lagi.

Setelah melahirkan induk kucing perlu menyusui anaknya sekitar 1-2 bulan saja. Karena biasanya induk kucing sudah mengalami birahi lagi setelah melahirkan selama 1 bulan. Untuk menghambat terjadinya kehamilan pada kucing sebaiknya jangan kawinkan kucing kamu ketika sedang birahi dengan kucing jantan. Kamu bisa membatasi aktivitasnya di luar rumah untuk mencegah si betina bertemu dengan pejantan lain.

Nah itulah informasi mengenai berapa lama kucing hamil serta ciri-cirinya. Setelah mengetahuinya kamu bisa merawat kucing ketika hamil dengan baik.

Tags: