Cara Membersihkan Telinga Kucing Agar Kucing Selalu Sehat

Cara membersihkan telinga kucing adalah cara yang sebaiknya diketahui oleh siapa saja yang memelihara kucing di rumah, hal ini wajib dilakukan agar kucing Anda selalu bersih dan terhindar dari penyakit. Sebab telinga kucing yang kotor adalah awal dari penyakit yang bisa membahayakan kucing. Sebagai pemilik kucing itu maka tentunya Anda harus selalu bertanggungjawab dalam menjaga kesehatan kucing Anda, karena meski kucing adalah hewan yang bersih, ada beberapa hal yang tidak bisa ia lakukan sendiri dengan benar, salah satunya adalah ia tidak bisa benar-benar menjaga kebersihan telinga bagian dalamnya, karena tentunya cakarnya tidak bisa menjangkaunya. Tentunya juga berbahaya jika ia mencakar-cakar sendiri telinga bagian dalamnya karena bisa menyebabkan infeksi yang membuatnya menjadi sakit. Maka dari itu wajib bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan telinga kucing.

membersihkan telinga kucing

Periksa Telinga Kucing Dan Gunakan Obat Tetes

Untuk memeriksa bagian dalam telinga kucing maka Anda harus membalikkan bagian atas cuping telinganya. Untuk itu Anda bisa memegang bagian belakang telinganya di bagian paling atas lalu Anda balikkan secara perlahan, pada saat melakukan ini bisa jadi kucing Anda merasa tidak nyaman, maka Anda harus bisa menenangkannya terlebih dulu. Setelah itu cobalah untuk melihat bagian dalam telinganya. Gunakanlah obat tetes khusus telinga kucing untuk membersihkan bagian dalam telinganya, tentunya ada takaran khusus untuk menggunakan obat tetes tersebut, Anda harus baca dengan baik-baik petunjuknya sebelum Anda meneteskan obat tetes itu pada telinga kucing Anda. Biasanya hanya perlu 2 atau 3 tetes saja lalu diamkan sejenak. Nantinya kotoran dan kuman yang ada di dalam telinga kucing Anda pasti akan bisa keluar dengan sendirinya. Cara membersihkan telinga kucing ini sebaiknya Anda lakukan agar kucing Anda bisa lebih bersih telinganya.

Bantu Dengan Pijatan Di Telinganya

Setelah Anda selesai meneteskan obat telinga tersebut ke bagian dalam telinga kucing maka selanjutnya Anda bisa membantu kucing Anda agar kotoran bisa segera keluar dari telinganya dengan cara memijat bagian pangkal telinga dengan lembut, lakukan seperti saat Anda sedang memanjakannya sehingga dengan demikian ia merasa tenang dan nyaman. Pijatan ini akan membantu obat yang telah diteteskan sebelumnya menjadi bekerja dengan lebih maksimal. Untuk selanjutnya, coba biarkan kucing Anda untuk menggeleng-gelengkan kepalanya, hal ini akan ia lakukan secara alami, karena tentunya ia merasakan ada sesuatu yang kurang nyaman di dalam telinganya, saat kucing Anda menggeleng-gelengkan kepalanya inilah saat itu akan keluar kotoran dan kuman dari telinganya. Biarkan kucing Anda “membersihkan” telinganya dengan caranya sendiri sekitar 15 menit.

membersihkan teling kucing

Bersihkan Sisanya Menggunakan Cotton Bud

Setelah Anda melakukan semua tahapan cara membersihkan telinga kucing di atas, selanjutnya Anda bisa kembali membersihkan telinga kucing Anda dengan cotton bud mana tau ada kotoran yang belum keluar atau masih menempel di telinganya. Apabila setelah Anda melakukan serangkaian cara membersihkan telinga kucing ini telinga kucing Anda muncul kemerahan di bagian belakangnya, maka hal tersebut menandakan ada lebih banyak kotoran yang belum keluar. Anda sebaiknya membawa kucing Anda ke dokter hewan agar dokter hewan bisa membantu Anda membersihkan telinganya sampai benar-benar bersih. Kebersihan kucing sangat penting agar kucing Anda sehat dan Anda sebagai yang memeliharanya bisa lebih nyaman tentunya saat memelihara kucing yang bersih. Maka dari itu wajib bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan telinga kucing.