Tidak Sulit! Begini Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing Dijamin Ampuh

Kutu pada kucing membuat badan menjadi gatal lalu kucing akan menggaruk hingga menggit tubuhnya. Hal tersebut membuat kulit kucing lecet dan terluka bahkan bisa terjadi alergi dan infeksi lainnya. Bahkan kutu tersebut bisa saja menyerang manusia ketika berinteraksi dengan kucing. Karena itulah kutu pada kucing jangan dibiarkan begitu saja. Nah lalu bagaimana sih cara menghilangkan kutu pada kucing tanpa perlu biaya mahal ke dokter? Adakah cara alaminya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mudah Menghilangkan Kutu Pada Kucing

cara menghilangkan kutu pada kucing

Sebagaian orang mungkin masih bingung bagaimana cara menghilangkan kutu pada kucing. Ada beberapa cara untuk bisa menghilangkan kutu pada kucing. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Mandikan dengan shampo anti kutu

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan kutu pada kucing yaitu dengan memandikannya. Bukan asal memandikan seperti biasanya namun menggunakan shampo anti kutu kucing. Selain itu kebersihan tubuh kucing juga menjadi salah satu faktor untuk mencegah adanya kutu pada kucing. Kamu bisa memandikannya dengan shampo khusus anti kutu secara rutin setiap saat, selanjutnya gunakan sebulan sekali agar kutu tidak kembali. Disarankan agar kamu memilih shampo dengan aroma lemon karena tidak disukai kutu.

cara alami menghilangkan kutu pada kucing

  1. Gunakan garam

Cara menghilangkan kutu pada kucing selanjutnya bisa dengan garam. Sangat murah dan mudah karena bahan ini bisa kamu jumpai di dapur. Garam dapat menghilangkan kutu hingga larva dan telurnya. Caranya dengan menyiapkan baskom kemudian tambahkan garam dengan air hangat secukupnya, rendam kucing pada larutan tersebut. Ingat airnya jangan terlalu panas.

  1. Air lemon

Menggunakan buah lemon bisa menjadi cara alami menghilangkan kutu pada kucing. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang tidak disukai kutu. Untuk menggunakannya siapkanlah sikat, sisir, panci, spons, dan tentu lemon. Caranya potong lemon menjadi beberapa bagian, lalu rebus dengan menambahkan air cukupnya selama 10 menit. Diamkan rebusan tersebut semalaman. Selanjutnya kamu bisa menggunakannya untuk memandikan kucing mu. Gunakan sikat dan spons untuk menggosok bulu kucing.

  1. Cuka apel

Selain lemon, aroma cuka apel juga tidak disukai oleh kutu. Selain bisa mengusir kutu, cuka ternyata bisa membunuh kutu dan telurnya. Kuling kucing juga akan kembali menjadi sehat. Caranya siapkan baskom atau wadah dengan 1 liter air lalu tuangkan 1 sendok teh cuka. Gunakan larutan tersebut untuk memijit pelan tubuh kucing yang ada kutunya. Lakukanlah secara rutin hingga kutu pada kucing menghilang.

  1. Sisir anti kutu

Menyisir bulu kucing setelah dimandikan dengan sisir anti kutu menjadi cara menghilangkan kutu pada kucing selanjutnya. Gunakalah sisir yang cocok dengan bulu kucing kamu. Sisir bulu dengan gerakan dari kepala hingga ekor kucing secara merata agar kutunya hilang. Selain dapat menghilangkan kutu, manfaat lain dari menyisir bulu kucing yaitu bisa menjadikan bulunya semakin bagus dan lebat.

  1. Lidah buaya

Untuk memanfaatkan lidah buaya ini kamu bisa menjadikannya sebagai jus. Bersihkan dan potong lidah buaya ambil jelnya kemudian tambahkan cabe rawit lalu blender. Masukan jus tersebut dalam botol kosong yang bisa dijadikan semprotan anti kutu kucing.

  1. Batasi aktivitas di luar rumah

Salah satu penyebab ada kutu pada kucing adalah aktivitas di luar yang berlebihan. Maksudnya kucing yang berkeliaran bebas diluar akan rentan terserang kutu karena lebih mudah kotor dan entah bermain apa. Oleh karena itu batasilah aktivitas kucingmu ketika di luar.

Itulah cara menghilangkan kutu pada kucing yang ampuh. Tidak perlu biaya mahal, kamu bisa mencoba salah satunya.

Tags: