Cara Merawat Anak Kucing Dengan Baik

Mempunyai hewan peliharaan bisa jadi hal yang menyenangkan misalnya anak kucing. Anak kucing menjadi banyak pilihan sebagai hewan peliharaan karena lucu, manja, lebih mudah untuk diajarkan menjadi jinak daripada kucing dewasa dan diperlukan cara merawat anak kucing dengan baik. Karena anak kucing belum bisa melakukan kegiatan secara mandiri, sehingga masih membutuhkan banyak bantuan majikannya.

Oleh karena hal tersebut anak kucing juga membutuhkan perawatan yang khusus, ekstra, dan lebih hati-hati. sehingga menuntut majikannya harus mengetahui dan mengerti cara merawat anak kucing dengan baik. jika Anda salah memberikan gizi dan nutrisi, bisa saja akan berpengaruh negatif pada kesehatan dan pertumbuhannya. Bahkan apa yang Anda terapkan sejak kecil akan menjadi kebiasaan ketika menjadi kucing dewasa.

cara merawat anak kucing dengan baik

Bagi Anda yang berniat memelihara anak kucing atau sudah memilikinya. Maka tidak ada salahnya menyimak uraian berikut ini tentang cara merawat anak kucing dengan baik untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhannya dan mencegah terjangkitnya penyakit antara lain:

  1. Kandang yang nyaman 

Kandang atau tempat tinggal anak kucing harus berbeda dengan kucing dewasa. Untuk anak kucing kandang haruslah beralaskan empuk dan luas. Namun Anda juga tidak boleh selalu meletakkannya di dalam kandang, sesekali anak biarkanlah anak kucing bermain di luar kandang dengan pengawasan.

  1. Kebersihan 

Selain kandang yang nyaman dan bersih, anak kucing juga harus rutin dimandikan agar bersih sekaligus membuatnya terbiasa untuk mandi. Caranya adalah dengan menggunakan air hangat, namun jangan menggosok tubuhnya dengan kasar atau keras. Jika tidak memungkinkan Anda tetap bisa membersihkannya dengan membasuh kucing menggunakan waslap dan air hangat.

  1. Memenuhi kebutuhan gizi

Anak kucing membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang lebih. Berikan makanan yang lembut dan ringan agar mudah untuk ditelan dan disesuaikan porsi makanan dengan kebutuhan dan umurnya. Jika anak kucing masih terlihat sulit untuk menelannya, Anda bisa membantu dengan cara menyuapi sedikit demi sedikit namun harus sering.

  1. Vaksin 

Pemberian vaksin sangat penting untuk mencegah terjangkitnya penyakit dan membantu kesehatannya untuk masa dewasanya. Mengenai vaksin Anda harus berkonsultasi dengan ahlinya atau dokter hewan tentang vaksin yang sesuai dengan kebutuhan anak kucing peliharaan Anda.

  1. Mengajarkan cara buang air 

Mengajarkan cara buang air harus dilakukan sejak kucing masih kecil. Caranya adalah dengan meletakkan kotak pasir ketika selesai makan atau pada jam-jam tertentu yang dimana kucing biasa buang air. Sehingga akan kucing akan mengerti apa yang seharusnya dilakukan saat ingin buang air. Anda juga harus rutin mengganti kotak pasir untuk menjaga kebersihannya.

  1. Permainan

Anak kucing adalah hewan yang lucu dan lebih aktif. Untuk selalu mengasah kemampuannya dan mengatasi kebosanannya Anda bisa memberikan permainan yang bagus untuk tumbuh kembangnya misalnya mengejar bola atau menggigit sesuatu. Syaratnya adalah permainan tersebut haruslah aman, tidak menyakitkan, dan tidak terlalu berat.

  1. Vitamin 

Anak kucing juga harus membutuhkan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, kesehatan bulu, dan menambah nafsu makannya. Namun tidak sembarangan vitamin, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan kucing misalnya vitamin kemasan atau vitamin yang alami. Untuk itu Anda harus melakukan konsultasi pada dokter hewan.

Demikianlah beberapa cara merawat anak kucing dengan baik yang dapat Anda terapkan sehari-hari. bagi Anda pemelihara hewan jangan lupa terus update tentang informasi terbaru dunia hewan peliharaan.