Cara Merawat Kucing agar Bulunya Bagus

Kamu punya kucing dan ingin tahu cara merawat kucing agar bulunya bagus? Ya, kucing merupakan binatang lucu dan menggemaskan yang tak bisa kita tolak. Bahkan orang yang tak suka memelihara kucing pun pasti mengagumi hewan imut satu ini lewat foto. Tentu saja ada kiat-kiat khusus untuk merawat kucing agar terlihat cantik.

  1. Memandikan Kucing dengan Shampoo

Ini adalah hal wajib yang dilakukan tidak hanya bagi kucing tapi juga manusia. Mandi merupakan kiat untuk membersihkan tubuh dari kuman penyakit. Khusus kucing, memandikan kucing harus dengan shampoo khusus. Kamu bisa cek di pet shop dan minta rekomendasi dari penjaga toko. Kamu juga bisa beli di toko online jika ingin cek produk dan harga sendiri.

cara merawat kucing agar bulunya bagus

Semakin bagus kualitas shampoo, bulu kucing akan semakin halus, lembut, dan indah. Dengan memandikan kucing, selain membuat bulu bagus, juga akan menghilangkan kutu dan kuman penyakit. Cara memandikannya:

Pertama, siram kucing dengan air. Siramnya harus pelan-pelan dan penuh perasaan ya, supaya kucing tidak kaget. Kedua, tuang shampoo pada telapak tangan secukupnya, kemudian usapkan pada bulu-bulu kucing. Setelah di usapkan secara merata, bilas hingga bersih dengan air.

Terakhir, keringkan bulu-bulu dengan handuk kering dan bersih. Handuknya khusus untuk kucing ya. Jangan pakai handukmu. Bisa juga mengeringkannya dengan hairdryer supaya kucing tidak kedinginan dan merasakan kehangatan dari hairdryer. Mandikan kucing secara teratur agar mendapatkan bulu yang diinginkan.

  1. Menaburkan Bedak / Powder Khusus Kucing

Bukan hanya bayi manusia yang membutuhkan bedak bubuk agar wangi, salah satu cara merawat kucing agar bulunya bagus juga dengan bedak powder. Perlu diperhatikan, bedak bubuk di sini berbeda dengan bedak bubuk untuk bayi. Untuk mendapatkannya, kamu harus menjelajah pet shop. Salah satu manfaatnya ialah dapat membunuh kutu dan kotoran yang menempel pada bulu-bulu kucing. Taburkan cat powder secara teratur terutama sesudah mandi.

  1. Menyisir Bulu Kucing

Setelah dimandikan, sama seperti rambut manusia, bulu kucing juga harus disisir atau disikat. Hal ini dilakukan agar bulu kucing terlihat rapi dan indah dipandang. Kucing yang rajin dimandikan dan diberi vitamin dapat mengurangi kerontokan pada bulunya. Bulu-bulunya juga akan terlihat mengkilat dan lebat.

  1. Beri Kucing Makanan yang Bernutrisi

Perawatan kucing memang mahal. Namun kalau sudah cinta, uang pun tak masalah. Kiat terakhir adalah dengan menutrisi tubuh kucing dengan makan makanan yang bergizi. Makanan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel, termasuk bulu-bulu kucing agar tidak rontok.

Kamu harus memberi mereka cat food ya, bukan makanan manusia. Cat foodmengandung ekstrak dan bahan yang bermanfaat bagi kesehatan kucing. Makanan kucing ada yang kering dan ada yang basah. Makanan yang bersifat basah memiliki aroma daging ikan yang sangat tajam sehingga dapat merangsang nafsu makan kucing. Jadi, kucing yang sedang tidak nafsu makan bisa diberi cat food basah ini.

Makanan yang basah sifatnya tidak tahan lama. Maka dari itu, tersedia kemasan kecil-kecil berupa kemasan plastik dan kaleng agar bisa sekali habis. Kalau sudah dibuka harus segera dihabiskan. Jangan menyimpan makanan basah terlalu lama, karena akan segera basi. Untuk cat food yang bersifat kering lebih tahan lama dan bisa disimpan untuk besok atau lusa. Memberikan makanan bernutrisi secara telaten merupakan salah satu cara merawat kucing agar bulunya bagus.