Cara Merawat Kucing Dengan Benar

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih oleh masyarakat. Kendati kucing memiliki sifat yang berbeda dengan anjing, tetapi keberadaannya ternyata cukup baik untuk menghilangkan stress. Bagi anda yang baru pertama kali akan merawat kucing, anda memang diharuskan untuk mengetahui bagaimana cara merawat kucing dengan benar.

Cara merawat kucing dengan benar

Cara merawat kucing dengan benar

Hewan yang satu ini memang membuat siapapun gemas dan tidak ingin melewatkan untuk melihat keceriaannya. Dalam merawat kucing bisa dibilang susah-susah gampang. Apabila anda bingung bagaimana merawat kucing dengan baik agar sehat, berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan

  • Jangan sesekali mencoba memberikan makanan anjing

Kebanyakan dari para pemilik kucing pemula tentu pernah berfikir apabila makanan untuk kucing sama dengan makanan yang dikonsumsi oleh anjing bukan? Padahal sebenarnya, didalam makanan anjing sendiri tidak mempunyai kandungan taurin. Kandungan ini sendiri memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada kucing agar terhindar dari penyakit jantung.

Oleh sebab itulah, agar kucing anda tetap sehat dan aktif maka anda tidak boleh memberikan makanan anjing kepada kucing anda tersebut.

  • Perhatikan kebutuhan asupan gizi kucing anda

Cara merawat kucing dengan benar yang berikutnya adalah dengan mengetahui bagaimana kebutuhan asupan gizi kucing. Perlu anda ingat apabila kebutuhan gizi anak kucing dan kucing dewasa berbeda. Dimana anak kucing membutuhkan gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan kucing besar.

Kendati demikian, ini bukan berarti anda diharuskan untuk memberikan makan anak kucing secara terus menerus. Selain itu, bagaimana kandungan yang terdapat didalam makanan kucing juga perlu anda perhatikan. Pastikan anda memilihkan makanan yang berkualitas.

  • Menyediakan makanan yang berasal dari hewan

Kucing sendiri merupakan hewan karnivora alami. Untuk itulah, demi mencukupi asupan gizi kucing, anda bisa menyediakan makanan kucing yang berasal dari daging hewan. Bisa meliputi ayam, ikan hingga sapi. Sebaiknya anda bisa menghindari makanan yang terbuat dari tumbuhan.

Pasalnya kucing ternyata tidak cukup baik dalam mencerna makanan yang terbuat dari tumbuhan. Selain itu, anda juga harus menghindari memberikan nasi pada kucing.

  • Jangan lupa untuk memandikan kucing secara teratur

Selain memberikan perawatan kucing dari dalam, anda juga tidak boleh lupa untuk merawat kucing anda dari luar. Seperti dengan memandikan kucing secara teratur. Dengan memandikan kucing inilah, badan kucing tidak mengeluarkan aroma berbau.

Untuk memandikan kucing, sebaiknya anda juga harus menghindari penggunaan air hangat. Hal ini tidak lain karena air hangat tersebut bisa merusak bulu kucing dan menyebabkan iritasi pada kulit. Agar kucing anda semakin wangi, maka anda bisa langsung menyemprotkan parfum yang dikhususkan untuk kucing.

  • Sisirlah  bulu kucing dengan rutin

Selain membandingkan kucing secara teratur, ada baiknya juga anda rajin dalam menyisir rambut kucing anda tersebut. Sesekali tidak ada salahnya untuk memanjakan kucing anda tersebut bukan? Nah, untuk menyisir bulu, anda juga harus berhati-hati dalam memilih sisir kucing.

Anda bisa memilih sisir yang dilengkapi dengan bulu halus. Menyisir bulu ini cukup bermanfaat untuk menghilangkan rambut yang mati atau rontok hingga bakteri yang menempel pada rambut.

Demikian cara merawat kucing dengan benar yang perlu anda perhatikan. Agar kucing anda memiliki kesehatan mental yang bagus, maka tidak ada salahnya untuk sesekali mengajak kucing anda untuk bermain di luar rumah. Anda bisa mengajaknya jalan-jalan ke taman atau mengelilingi kota.