Cara Merawat Kucing Hutan Biar Jinak

Cara Merawat Kucing Hutan Biar Jinak kucingdananjing.com

Cara Merawat Kucing Hutan Biar Jinak | Kucing adalah salah satu hewan yang lucu dan mengemaskan. Tak heran jika ia menjadi hewan peliharaan yang banyak disukai. Kucing memiliki banyak jenis dan juga ras dan yang paling populer adalah ras kucing anggora dan juga Ras Persia.

Kali ini kita tidak akan membahas mengenai kedua kucing tersebut melainkan kita akan membahas mengenai kucing Hutan. Tidak semua kucing hutan hidupnya di hutan ada juga hidup di tengah-tengah masyarakat dan dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kucing hutan lebih aktif jika dibandingkan dengan kucing-kucing lainnya. Dan bahkan terkadang sulit untuk dekat dengan manusia. Kucing hitam memiliki ciri khas yaitu memiliki corak bulu yang unik salah satunya seperti harimau.

Untuk dijadikan hewan peliharaan mungkin perlu pendekatan, dan apalagi jika tidak di pelihara dari kecil akan sulit untuk jinak. Namun tentu ada cara merawat kucing hutan biar jinak dan berikut ini adalah beberapa caranya :

Ajak bermain

Kamu bisa mengajak kucing peliharaan kamu untuk bermain dengan benda-benda yang bisa bergerak. Dan yang terpenting mainan tersebut tidak berbahaya dengan si kucing seperti bermain bola bola, atau lainya. Kamu juga bisa mengajaknya jalan-jalan ke taman maupun ke tempat sejuk.

Berikan Pendekatan

Agar kucing menjadi jinak maka beri waktu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan, Kamu harus menjaga jarak dan juga memberi waktu untuknya untuk mengenal lingkungan di sekitarnya.

Atur waktu makan dan Beri Makanan sehat

Kucing hutan akan lebih aktif dimalam hari maka sangat penting untuk kamu menyiapkan makanan dimalam hari. Kamu bisa memberikan makanan seperti daging matang.

Berinteraksi dengan Kucing

Kamu bisa membiasa bau badan kamu, maka dari itu sering-seringlah untuk mendekati dan berinteraksi dengannya. Agar kucing hutan dengan mudah bisa mengenal bau dari sang pemiliknya. Karena kucing hutan dengan cepat dapat mengenali bau badan sang majikan.

Gendong dan Pangku

Jika kucing hutan kamu sudah mulai tidak marah dan sudah mulai dekat, maka kamu bisa melakukan pendekatan lebih lanjut. Kamu bisa mengangkat tubuhnya secara perlahan terus gendong dan pangku si kucing dengan posisi senyaman mungkin. Berikan ia elusan kasih sayang dan ini adalah cara yang sangat ampuh agar kucing mudah jinak.

Mandikan

Kamu bisa memandikan kucing hutan setidaknya seminggu sekali. Kamu bisa memberikan shampo khusus untuknya, setelah itu kamu dapat menjemurnya disinari matahari yang hangat. Dengan memandikannya akan membuat tubuhnya menjadi segar. Untuk pertama kali mungkin hal ini akan membuatnya kaget namun bila sudah terbiasa tentunyan kucing akan senang.

Nah itulah beberapa cara untuk merawat kucing hutan agar mudah jinak dan dekat dengan pemiliknya. Kucing hutan juga sudah banyak dibudidayakan agar tidak punah. Untuk membantu agar kucing hutan tetap ada dan tidak punah maka rawatlah kucing kamu dengan sepenuh hati. Jaga dan rawatlah kucing tersebut. Salah satu jenis kucing hutan yang dapat kamu pelihara adalah Macan Dahan Kalimantan dan juga Kucing hutan Jawa kedua kucing ini memiliki ciri khas dengan coraknya.

Kucing Hutan merupakan jenis kucing yang saat ini telah langka keberadaannya. Dan kucing hutan juga dilindungi oleh pemerintah. Jika kamu memiliki hewan ini maka wajib untuk memberikan perawatan yang terbaik dan kamu telah membantu untuk membudidayakan agar hewan ini tidak punah. Dan sekian dulu artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru. Terima kasih sahabat baca.