Cara Merawat Kucing Untuk Pemula Yang Harus Dilakukan Dan Tidak Boleh Dilakukan

Cara Merawat Kucing Untuk Pemula Yang Harus Dilakukan Dan Tidak Boleh Dilakukan

Kucing merupakan hewan yang paling disukai manusia untuk menjadi peliharaan. selain lucu, perilaku kucing tidak jarang sangat menggemaskan. Jika dilihat sepintas kucing memang terlihat sebagai hewan yang mandiri. Namun kucing tetap membutuhkan perawatan khusus untuk tetap sehat. Apalagi jika Anda baru memelihara kucing, Anda harus tahu cara merawat kucing untuk pemula.

Memelihara kucing dapat menggunakan kandang atau tanpa kandang. Jika tidak menggunakan kucing akan bebas bermain, namun Anda tetap harus memperhatikan kucing terutama kebersihannya. Berikut adalah cara merawat kucing untuk pemula antara lain:

Periksa kesehatan kucing secara teratur

Bagi Anda yang baru mengadopsi kucing, karantina kucing terlebih dahulu sekitar 2 minggu dan tidak menggabungkannya dengan hewan lain. Kucing harus diperiksa kesehatannya secara teratur. Pemeriksaan rutin dilakukan bulanan atau tahunan. Pemeriksaan bulanan biasanya memperhatikan perawatan bulu kucing dan kesehatannya secara umum. Sedangkan pemeriksaan tahunan lebih khusus seperti mengecek kesehatan organ dalam.

Pemberian vaksinasi juga sangat penting. Untuk anak kucing harus mendapatkan vaksin 3 kali setahun, sedangkan kucing dewasa 2 kali vaksin dalam setahun.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan obat-obatannya. Contoh pemberian obat yaitu obat anti parasit, obat anti kutu, dan obat cacing.

Berikan makan secara teratur

Berikan makanan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Jenis makanan kucing terdiri dari makanan basah dan kering. Anda juga bisa memberi makanan rumahan olahan sendiri, namun harus diperhatikan kematangannya untuk menghindari toksoplasma seperti sayuran dan buah-buahan. Untuk anak kucing berumur 6 sampai 12 tahun bisa diberikan makan sebanyak 4 kali sehari. Berikan tempat dan wadah makanan yang datar agar kumisnya tidak tersentuk oleh makanan, karena kucing tidak menyukainya. Sedangkan untuk air minum harus dimasak terlebih dahulu hingga matang dan diganti setiap hari. jangan lupa juga membersihkan tempat makannya dengan bersih menggunakan sabun.

Litter box

Litter box adalah wadah untuk kotoran pup dan pipisnya. Anda harus mengajarkan kucing untuk terbiasa membuang kotorannya pada tempat yang telah disediakan. Jangan pula letakkan litter box berdekatan dengan wadah makanan.

Sisir bulu kucing

Bulu kucing juga membutuhkan perawatan atau disebut grooming. Bulu kucing yang panjang harus disisir menggunakan pin brush. Sedangkan bulu kucing yang pendek disisir menggunakan slicker brush berbentuk pipih. Khusus untuk anak kucing yang kecil dan masih rentan, Anda harus menyisir bulunya menggunakan sisir berukuran kecil dengan gigi-gigi lembut.

Beberapa hal di atas merupakan cara merawat kucing untuk pemula yang harus Anda lakukan. Namun ada juga hal-hal yang tidak boleh dilakukan antara lain:

  • Memberi obat dengan dosis sembarangan dan tanpa konsultasi.
  • Memandikan kucing dengan langsung. Ini dapat menyebabkan kucing menjadi stress. Biarlah kucing beradaptasi dengan sekitarnya selama satu minggu terlebih dahulu, kemudian barulah dimandikan. Namun Anda juga harus belajar bagaimana cara memandikan kucing dengan baik.
  • Memberi kucing mainan yang tidak sesuai dengan umurnya adalah hal yang tidak boleh dilakukan. misalnya mainan kecil untuk kucing dewasa memungkinkan untuk ditelah dan kucing menjadi tersedak.
  • Jangan mengganti produk makanan yang diberikan pada kucing. Kucing dapat tidak terbiasa dan menyebabkan pencernaannya menjadi terganggu.

Kucing harus dirawat dengan baik untuk menghindari bakteri atau virus. Selain itu cara merawat kucing untuk pemula juga Anda harus menyayangi dan mengasihi kucing dengan baik dan bijaksana.