Cara Merawat Kucing Yang Sakit Tanpa Pergi Ke Dokter

Bagi yang mempunyai hewan peliharaan, kesehatan hewan merupakan hal utama yang harus selalu diperhatikan dan dijaga. Hewan peliharaan yang paling banyak disukai adalah kucing. Kucing termasuk jenis hewan peliharaan yang manja dan senang sekali bersantai.

Kucing menjalani hidupnya hanya dengan makan, bermain, dan tidur yang bisa sampai berjam-jam. Oleh karena itu sering kali kucing mengidap penyakit dan jatuh sakit misalnya obesitas, demam, dan lain sebagainya. Sehingga orang yang memelihara kucing harus mengetahui cara merawat kucing yang sakit.

Gejala kucing yang sedang sakit

Cara Merawat Kucing yang Sakit

Kucing adalah hewan yang tentu saja tidak dapat berbicara, sehingga sulit untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing. Untuk mengetahui kondisi kucing yang sedang sakit atau tidak, berikut adalah gejala dan tanda yang bisa Anda amati antara lain:

  • Adanya perubahan sikap dan penampilan 

Kucing yang sedang tidak sehat atau sakit akan tidur dengan lebih banyak. Biasanya juga akan disertai dengan gejala lain seperti diare, muntah, ada pembengkakan, tidak nafsu makan, dan lainnya.

  • Perubahan berat badan 

Terjadinya perubahan penurunan berat badan yang signifikan dan tiba-tiba juga dapat mengindikasikan kucing sedang sakit. Cara mengetahuinya Anda bisa menimbang berat badan kucing seminggu sekali.

  • Bulu tidak sehat 

Kucing yang sakit umumnya tidak mempunyai kekuatan dan tenaga untuk merapikan dirinya sendiri. Bulu kucing kan terlihat kusut, kusam, dan tidak teratur. Dan masih banyak lagi gejala yang bisa Anda amati.

Cara merawat kucing yang sakit

Setelah mengetahui kondisi kesehatan kucing Anda, selanjutnya Anda harus mengetahui cara merawat kucing yang sakit. Merawat kucing yang sakit tidak harus selalu dibawa ke dokter. Anda juga bisa merawatnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara merawat kucing yang sakit tanpa pergi ke dokter antara lain:

  • Memberi air minum bersih

Air minum adalah hal terpenting bagi setiap makhluk hidup terutama dalam kondisi yang tidak sehat. Air minum bersih harus selalu diberikan pada hewan peliharaan yang menderita penyakit terutama diare dan dehidrasi.

  • Memberi multivitamin

Kucing yang sedang sakit sangat membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan lebih misalnya multivitamin. Pemberian multivitamin juga berfungsi untuk meningkatkan daya imunitas tubuh sehingga dapat melawan virus atau bakteri penyebab sakitnya.

  • Memberi kuning telur mentah

Kuning telur mentah bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan kucing yang tidak nafsu untuk makan. Kuning telur yang mentah mengandung banyak lemak dan protein baik untuk kesehatan kucing peliharaan Anda. Terutama untuk kucing yang lemas, kurus, selalu tidur, tidak mau makan atau nafsu makan yang rendah.

  • Menghangatkan tempat tidur

Bukan hanya manusia, hewan peliharaan juga membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Jika kucing peliharaan sedang sakit, Anda bisa membuat tempat istirahatnya menjadi lebih nyaman sehingga dapat beristirahat dengan sempurna. Caranya Anda dapat mencoba menumpuk beberapa anduk kering di tempat istirahatnya, atau memasang lampu untuk memberi tambahan kehangatan, namun tentu saja tidak mengganggu istirahatnya.

  • Membersihkan kandang kucing

Kucing yang sakit bisa saja disebabkan oleh tempat atau kandang yang kotor sehingga menimbulkan banyaknya bakteri atau virus yang berkembang. Bakteri dan virus tersebut itu kemudian tertular pada kucing dan membuat daya tahan tubuhnya menjadi turun.

Itulah cara mengobati dan cara merawat kucing yang sakit tanpa harus membawanya ke dokter hewan. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda memelihara kucing kesayangan Anda.