Cara Mudah Merawat Anjing Kampung

Anjing merupakan salah satu hewan yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan, selain cerdas anjing juga memiliki sifat setia kepada majikannya, tidak mengherankan bila banyak orang menyukai hewan ini. Anjing memiliki banyak jenis atau ras mulai dari yang memiliki bulu hingga tidak memiliki bulu, mulai dari anjing dari luar negeri hingga anjing kampung. Anjing kampung juga dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang keren bila dirawat dengan benar. Bagi kalian para pemula, kalian harus mengerti dan memahami terlebih dahulu tentang cara perawatan anjing kampung yang benar dan tepat supaya anjing dapat terlihat gagah dan keren seperti anjing berharga mahal.

cara mudah merawat anjing kampung

Langkah – Langkah Perawatan Anjing Kampung

Anjing kampung merupakan anjing keturunan asli dari anjing hutan. Anjing kampung memiliki daya tahan tubuh paling kuat bila dibandingkan dengan anjing ras lainnya. Anjing kampung termasuk anjing liar yang suka hidup bebas dan tidak memiliki rasa takut. Perawatan anjing kampung pun tergolong mudah karena anjing ini sudah terbiasa hidup di alam bebas. Anjing kampung tidak suka dimasukkan di kandang karena anjing sudah terbiasa tidur dimana saja. Anjing kampung dapat diberikan makanan apa saja, makanan sisa dari manusia pun bisa diberikan pada anjing kampung.

Anjing kampung pada umumnya memiliki postur tubuh yang kurus, meskipun begitu kalian dapat melakukan beberapa hal supaya anjing terlihat lebih gemuk dan gagah. Anjing dikasih cemilan setelah makanan berat supaya kebutuhan nutrisi anjing kampung terpenuhi. Berikan juga makanan yang tinggi protein serta lemak supaya anjing kampung cepat berkembang menjadi dewasa. Jika anjing kampung tidak memiliki nafsu makan, maka kalian dapat memberikan dandelion untuk penambah nafsu makan anjing.

Selain pemberian makanan dan vitamin, anjing kampung juga memerlukan pelatihan supaya cepat dewasa. Pelatihan yang diberikan kepada anjing akan membentuk otot sekaligus menghindari anjing menjadi stres. Pelatihan yang rutin merupakan salah satu cara terbaik yang dilakukan untuk mempertahankan berat badan anjing.

cara merawat anjing kampung

Merawat Anak Anjing Kampung

Anjing kampung memang cenderung bersifat keras kepala, sehingga memerlukan pendekatan dan perhatian lebih supaya anjing mengenal dan merasa nyaman dengan majikannya. Setelah anjing merasa nyaman, kalian dapat memberikan latihan secara bertahap supaya anjing tidak stres dan berubah menjadi anjing rumahan. Setelah anjing menjadi jinak, kalian dapat mengajak anjing berjalan-jalan disekitar tempat tinggal supaya anjing lebih tenang dan jinak. Melatih anjing kampung sedikit lebih susah karena anjing yang bersifat keras kepala, akan lebih mudah jika kalian merawat anjing kampung umur 1 bulan.

Anak anjing kampung yang berumur 1 bulan sudah dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. Memelihara anak anjing yang masih kecil tentunya sedikit merepotkan bila dibandingkan dengan memelihara anjing dewasa, meskipun begitu anjing akan lebih mudah dilatih bila dirawat sejak kecil. Anak anjing yang masih kecil harus diletakkan di kandang yang aman, hangat dan tidak terdapat benda yang dapat membahayakan anjing seperti kaca, pisau, bahan kimia dan lain sebagainya.

Tempat untuk pemberian makan anak anjing harus terbuat dari logam karena lebih aman bila dibandingkan dengan kaca, selain itu tempat makan anjing harus selalu dalam keadaan bersih. Makanan anjing kampung agar cepat besar harus mengandung makanan yang bergizi dan berkualitas tinggi. Saat memberikan makan, makanan harus berbentuk lembut seperti bubur supaya anjing mudah menelannya. Anak anjing berumur 1 bulan masih rentan terhadap berbagai hal mulai dari suhu udara hingga virus, jadi usahakan agar anak anjing selalu berada di dalam rumah dan hanya keluar saat dijemur pada pagi hari.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara perawatan anjing kampung yang tepat dan benar. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang akan memilih anjing kampung sebagai hewan peliharan.