Cara Tepat Merawat Kucing Peaknose / Kucing Pignose

Cara Tepat Merawat Kucing Peaknose

Cara merawat kucing peaknose – Bagi pencinta kucing, tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar jenis kucing peaknose. Diantara berbagai jenis kucing persia, rasanya kucing peaknose inilah yang menjadi primadona dan favorit untuk dipelihara. Kucing dengan bentuk wajah lucu, hidung pesek dan pipi tembem ini mampu mengalahkan popularitas jenis kucing persia lainnya.

Maka tidak heran jika kucing peaknose atau pignose ini dinobatkan sebagai kucing termahal diantara deretan kucing persia lainnya. Semakin pesek hidung peaknose maka harga yang ditawarkan juga akan semakin mahal. Dengan harga yang terbilang mahal tersebut, tentu merawat kucing ini pun juga tidak bisa sembarangan.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahasnya untuk Anda yaitu mengenai cara merawat kucing peaknose secara benar dan tepat. Karena cara perawatan kucing persia berbeda pada setiap jenisnya. Berikut mari kita simak bersama penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa cara merawat kucing pignose.

Cara Merawat Kucing Peaknose

– Menyisir Bulu Kucin

Perawatan utama yang harus sering dilakukan adalah menyisir bulu kucing peaknose. Bulu menjadi salah satu poin penting dalam menilai kesehatan seekor kucing. Semakin sering bulu kucing rontok, maka kucing tersebut memiliki kesehatan yang tidak baik atau menurun.

Kucing yang tidak rajin disisir bulunya akan membuat bulu tersebut mudah menggumpal, semakin sering menggumpal maka kerontokan akan lebih mudah terjadi. Kerontokan bulu kucing tidak sepenuhnya karena suatu penyakit, namun dapat juga dikarenakan frekuensi dari penyisiran bulu yang kurang.

– Memperhatikan Telinga Kucing

Perawatan kedua yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan kebersihan telinga kucing. Jika telinga mulai kotor, maka segeralah bersihkan, lakukan berkala dan jangan sampai telinga kucing menjadi kotor. Karena telinga yang kotor dapat menyebabkan kehadiran penyakit pada kucing Anda.

Membersihkan telinga kucing ini cukup mudah yakni dengan menggunakan cotton bud dan memasukkannya ke dalam telinga kucing secara perlahan. Hindari mengorek telinga dengan kasar agar tidak menyebabkan luka atau lecet pada bagian telinga. Jika sulit melakukan perawatan tersebut, Anda bisa membeli cairan pembersih telinga khusus untuk kucing.

– Perhatikan Kuku Kucing

Perhatikan kuku kucing Anda, jangan biarkan kuku kucing menjadi panjang karena dapat melukai orang lain. Untuk menjaga kuku kucing Anda tetap sehat, maka Anda harus memotongnya segera setalah kukunya mulai panjang. Kuku terlalu panjang akan menjadi sarang kuman serta penyakit bagi kucing Anda.

– Vitamin

Cara merawat kucing peaknose selanjutnya adalah pemberian vitamin. Memberikan vitamin kucing secara berkala dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuhnya, menjaga kesehatan bulu dan menjaga nafsu makan kucing Anda. Vitamin khusus untuk kucing Peaknose bisa Anda dapatkan di pet shop terdekat.

– Treatment Jamur

Selain perawatan mandiri di rumah, Anda tetap perlu melakukan perawatan rutin di klinik hewan. Karena kucing peaknose termasuk jenis kucing yang mudah terkena jamur, maka perawatan berkala atau treatment untuk menghilangkan jamur sangat penting untuk dilakukan.

– Lakukan Check Up Kesehatan Rutin

Selain treatment penghilang jamur, check up rutin kesehatan kucing Anda juga penting untuk dilakukan. Check up bisa Anda lakukan minimal 3 bulan sekali (jika tidak ada keluhan). Jika terdapat keluhan kesehatan, maka segeralah lakukan check up ke klinik hewan terdekat. Check up rutin ini penting untuk mengetahui atau mendeteksi penyakit pada kucing yang tidak mudah terlihat oleh mata manusia.

– Perhatikan Asupan Makanannya

Memperhatikan asupan makanan pada kucing peaknose menjadi salah satu hal yang tidak kalah pentingnya. Jangan memberikan makanan yang sembarangan karena dapat menyebabkan kucing menjadi mudah sakit. Perhatikan asupan gizi dalam makanan kucing yang Anda berikan agar kucing Anda tetap sehat.

Nah, demikian beberapa cara dalam merawat jenis kucing persia peaknose. Semoga artikel mengenai cara merawat kucing pignose di atas bermanfaat bagi Anda, khususnya bagi Anda yang baru saja memiliki jenis kucing lucu ini. Selamat mencoba beberapa cara merawat kucing peaknose di atas.