Dijamin Berhasil Inilah Cara Mengawinkan Kucing Yang Benar

Menggemaskan, bertingkah lucu, pintar, dan berteman akrab dengan manusia merupakan sifat alami kucing. Hewan ini banyak disukai karena selain lucu, perawatannya juga tidak terlalu sulit. Kebanyakan dari pecinta kucing mungkin hanya menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan saja. Jarang dari mereka yang memikirkan untuk mengawinkan kucing mereka dan menghasilkan banyak keturunan. Nah apakah kamu salah satu yang ingin mengawinkan kucing mu? Mungkin kamu masih bingung bagaimana cara mengawinkan kucing agar berhasil. Jangan khwatir simak tipsnya di bawah ini.

Masa Kawin Kucing

cara mengawinkan kucing

Kapan kucing siap kawin? Dalam mengawinkan kucing tentu waktu yang tepat menjadi salah satu faktornya. Biasanya kucing akan memasuki masa birahi selama 2 minggu dengan mengalami berbagai periode. Pertama kucing akan mengalami masa poestrus. Poestrus adalah masa awal kucing yang telah mengalami birahi saat 12 jam hingga 2 hari sejak musim kawin tiba. Pada periode ini birahi kucing akan meningkat namun kucing biasanya masih belum siap kawin.

Periode masa kawin kucing kedua ada estrus. Biasanya masa ini terjadi saat hari ke 7 kucing betina sudah sangat siap untuk kawin. Terakhir ada masa interestrus dan diestrus. Masa ini artinya perwakinan sudah terjadi. Kucing betina akan hamil pada hari ke 10 setelah kawin ditandai dengan perutnya mulai membesar.

Cara Mengawinkan Kucing Persia dan Anggora

cara mengawinkan kucing persia

Dalam mengawinkan kucing persia ataupun anggora sebenarnya mudah. Hal yang penting dalam mengawinkan kucing yaitu proses pengenalan dan pendekatannya. Akan tetapi agar perkawinan berhasil kamu juga harus mengetahui tips atau teknik yang tepat mengenai cara mengawinkan kucing yang benar.

  1. Usia

Usia yang baik untuk mengawinkan kucing yaitu saat usia 10-12 bulan bagi kucing jantan. Sedangkan kucing betina pada usia 6 bulan. Pada usia tersebut kucing jatan maupun betina telah memasuki masa pubertas.

  1. Kesehatan

Hal yang harus diperhatikan mengenai cara mengawinkan kucing adalah kesehatan kucing tersebut. Jika kucing sedang sakit jangan paksakan untuk kawin karena ketika sakit rasa birahinya tidak ada. Kucing betina akan birahi 4-6 hari dalam sebulan setelah masa tersebut lewat maka akan diulang setelah 2-3bulan.

  1. Proses pendekatan dan perkawinan

Cara mengawinkan kucing persia atau anggora selanjutnya yaitu memasuki masa pendekatan. Kamu bisa meletakan kandang jantan dan betina di kandang yang berbeda namun saling berdekatan. Jantan akan menunjukan kejantannya kemudian si betina mengeong jika tertarik. Jika demikan masukanlah keduanya dalam satu kandang. Biarkan mereka selama 4-10 hari. Jika lancar kucing akan kawin 1-3 kali sehari.

Proses kawinnya dimulai ketika kucing jantan mencium kemaluan betina, menindihi, dan menggigit tengkuknya. Jika proses perwakinan berhasil maka bentina akan berubah menjadi galak tidak mau didekati si jantan dan perutnya besar maka dia hamil. Jika sudah seperti itu maka cara mengawinkan kucing anggora atau persia yang kamu lakukan berhasil.

Cara Mengawinkan Kucing Galak

Untuk mengawinkan kucing galak sebenarnya caranya juga sama dengan kucing lain. Hanya saja karena sifat galaknya memerlukan adaptasi lebih lama. Cara mengawinkan kucing galak juga melalui proses pendekatan antara si jantan dan betina. Yang terpenting adalah memastikan bahwa si kucing dalam masa birahi.

Biasanya si betina akan lebih galak dari pada si jantan. Akan tetapi jika si jantan bisa menanganinya maka proses perkawinan akan terjadi. Jika sudah demikian maka secara alami mereka akan kawin. Perilaku galak kucing akan kembali apabila proses kawin selesai dan birahinya hilang.

Itulah cara mengawinkan kucing yang tepat. Kamu bisa mengikuti cara tersebut. Selamat mencoba.

Tags: