Inilah Cara Memandikan Kucing Yang Benar Agar Tidak Berontak

Kebersihan hewan peliharaan tentu sangat penting, karena tiap saat berinteraksi dengan pemiliknya mengharuskan hewan tersebut bersih agar tidak menimbulkan penykatit. Kucing menjadi hewan yang digemari karena menggemaskan, cerdas, dan bisa bersahabat baik dengan manusia. Untuk menghindari adanya jamur, kutu, cacing, kotoran hingga bakteri tentunya harus dimandikan dengan cara yang benar. Akan tetapi tidak sedikit kucing yang takut air dan berontak ketika dimandikan. Penasaran bagaimana cara memandikan kucing yang benar? Simak penjelasan dibawah ini.

Cara Memandikan Kucing Yang Baik

Cara memandikan kucing

Kucing termasuk hewan yang menggemaskan akan tetapi butuh kesabaran dalam perawatannya. Mereka benci sekali terhadap air akan tetapi kebersihan adalah hal yang penting. Jika tubuh kucing kotor bisa menjadikannya tidak sehat. Berikut cara memandikan kucing yang baik agar mereka nyaman dan menurut.

  • Menggunakan air hangat

Untuk memandikan kucing sebaiknya gunakanlah air hangat. Jangan terlalu panas karena kucing sangat sensitif terhadap air dingin. Air hangat akan meminimalisir terjadinya pemberontakan kucing, seperti mencakar dan kabur. Gunakan baksom atau ember yang telah berisi air hangat secukupnya.

  • Shampo khusus kucing

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam memandikan kucing yaitu harus menggunakan shampo kucing. Mengapa harus shampo khusus? Karena jika menggunakan shampo manusia tingkat pHnya akan berbeda dan tidak cocok untuk bulu kucing. Hal tersebut dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kucing. Pilihlah shampo yang ringan tanpa bahan kimia atau parfum untuk kulit kucing.

  • Pilih waktu yang tepat

Cara memandikan kucing yang penting juga pada pemilihan waktu yang tepat untuk memandikannya. Waktu yang tepat yaitu ketika kucing dalam keadaan senang, nyaman, rileks, dan sudah makan. Jika belum kamu bisa memberi kaman dulu sebelem memandikannya. Agak dia bermain dan manjakan sehingga suasana hatinya baik. Mandikan kucing setidaknya seminggu sekali.

  • Menggunakan shampo kucing

Untuk membasahi tubuh kucing gunakanlah selang. Setelah basah tuangkan shampo pada tubuh kucing. Kamu bisa menuangkannya diwashlap kemudian menggosokannya secara berlahan. Gosok busa ke tubuh hingga ekor, leher, dan kakinya. Hal ini bisa mengatasi kucing takut air karena membuatnya tenang. Kamu juga harus berhati-hati ketika menggosoknya, jangan sampai mengenai mata dan telinga kucing. Setelah selesai bilas kucing dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

  • Keringkan tubuh kucing

untuk mengeringkannya gosoklah dari kepala sampai kaki dengan handuk yang lembut. Selanjutnya keringkan kucing di ruangan yang hangat dan jangan biarkan keluar sebelum kering. Cara lain kamu bisa menggunakan blower untuk mengeringkan bulu-bulu si kucing. Ingat, jangan mengaturnya terlalu panas.

  • Manjakan kucing

Tips atau cara memandikan kucing dengan baik terakhir adalah dengan memberinya kasih sayang. Usap lembut kucing agar merasa nyaman dan tidak takut apabila kamu memandikannya lagi.

Tips Memandikan Anak Kucing

Cara memandikan anak kucing

Kucing yang belum terlalu besar biasanya membersihkan dirinya dengan bantuan induknya yaitu dengan menjilati bulunya. Yang harus kamu tahu yaitu memandikan anak kucing dapat dilakukan pada dia berusia delapan minggu. Pada usia itu kucing bisa mengenal air dan beradaptasi dengan lingkungan sehingga membuatnya terbiasa mandi pada usia dini.

Cara memandikan anak kucing agar mudah yaitu saat ia merasa tenang. Tidak sedang stress dan susah makan. Selanjutnya kamu bisa memandikannya seperti biasa dengan menggunakan shampo kucing. Gosok dengan lembut agar anak kucing tidak merasa takut dan panik. Terakhir keringan badan dengan handuk. Kamu telah tahu pentingnya kebersihan kucing, dan kini telah mengetahui cara memandikan kucing dengan benar. Maka kamu bisa merawatnya lebih baik lagi kan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tags: