Inilah Tips Sederhana Cara Merawat Kucing Dengan Baik

Tips Sederhana Cara Merawat Kucing Dengan Baik

Kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu, menggemaskan, dan juga cantik. keindahan tubuh kucing dan bulunya dapat membuat orang yang melihatnya tersenyum. Maka tidak heran banyak yang menjadikan hewan peliharaan kucing seperti anak sendiri. Walaupun juga sering membuat kesal, ternyata kucing sangat efektif membantu mengurasi stress dan teman saat Anda sedih. Namun hal ini tentu mengetahui cara merawat kucing dengan baik.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda siapkan sebagai cara merawat kucing dengan baik antara lain:

Makanan

Anda harus membedakan makanan untuk anak kucing dengan kucing dewasa. Jika Anda memelihara anak kucing, sebaiknya gunakan produk makanan yang berlabel kitten. Sedangkan untuk merek sangat banyak jenisnya.

Kebutuhan gizi

Anak kucing membutuhkan asupan gizi yang lebih besar dibandingkan kucing dewasa. Namun bukan berarti Anda harus memberi makan anak kucing terus menerus. Anak kucing masih harus belajar sesudah umur 6 minggu meski disertai menyusu pada induknya. Berilah makan anak kucing secara rutin 4 kali dalam sehari.

Tempat makan dan minum

Anda bisa membelinya di pet shop. Ada yang berukuran satu tempat makan dan minum namun lubang berbeda. Wadah atau tempat ini sepertinya lebih efisien untuk menghemat ruang. Jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan di tempat tersebut setiap hari dan rutin membersihkannya.

Pasir

Pasir yang dimaksud adalah pasir khusus yang bisa Anda dapatkan di pet shop. Pasir ini berfungsi sebagai tempat membuang kotoran kucing. Jika tidak menggunakan pasir maka kotoran akan bau. Kotoran akan bergumpal , kering, dan tidak berbau, jika terkena pasir.

Bak pasir

Bak pasir berfungsi sebagai wadah pasir. Bak pasir harus selalu disediakan agar kucing dapat membuang kotoran pada tempat yang disediakan. Seperti hal nya toilet, kucing juga membutuhkannya. Jadi kucing peliharaan Anda tidak akan membuat kotoran di sembarangan tempat.

Shampoo

Kucing juga membutuhkan shampoo khusus untuk memandikannya dan menjaga kesehatan bulu.

Baby oil dan kapas

Baby oil dan kapas berfungsi sebagai alat untuk membersihkan telinga kucing. Anda harus rutin menjaga kebersihan kucing jika ingin memelihara kucing di rumah bahkan ingin tidur bersamanya.

Vitamin

Vitamin kucing berguna untuk kesehatan bulu dan kulit kucing. Kucing juga tidak akan mudah sakit.

Mandikan kucing dengan teratur

Sebaiknya memandikan kucing menggunakan air dingin. Sebab air panas bisa merusak bulu kucing dan iritasi pada kulit kucing. Jika dirasa belum terbiasa dengan air dan masih rewel, Anda bisa menggunakan tisu basah. Anda juga bisa menambahkan minyak wangi khusus kucing untuk mencegah pertumbuhan kutu.

Sikat bulu kucing

Kucing memang termasuk jenis hewan yang mandiri. Namun bukan berarti Anda tidak boleh memanjakannya. Caranya dengan menyikat atau menyisir bulu kucing. Apalagi jika kucing peliharaan Anda mempunyai bulu yang tebal. Menyikat atau menyisir bulu kucing akan membuatnya merasa nyaman sekaligus merapikan bulu, menghilangkan adanya rambut mati, membersihkan kuman dan bakteri yang menempel pada bulu kucing.

Ajak bermain

Kucing juga bisa merasa bosan dan jenuh. Cara merawat kucing dengan baik termasuk juga harus membawanya berjalan-jalan dan bermain. Anda juga bisa membelikan kucing mainan khusus kucing. Namun mainan harus disesuaikan dengan usia kucing. Tidak baik memberikan kucing dewasa mainan yang terlalu kecil, karena kemungkinan kucing untuk menelannya dan kucing menjadi tersedak.