Jangan Salah Cara, Ini Tips Merawat Anjing Setelah Melahirkan

Memiliki hewan peliharaan di rumah pastinya menyenangkan, karena hewan peliharaan dapat memperbaiki suasana hati yang sedang buruk dan dengan mengajak hewan peliharaan bermain rasa lelah karena rutinitas akan hilang sejenak. Jika hewan peliharaan kita baru saja melahirkan, terutama anjing pastinya mengasyikkan karena koleksi hewan peliharaan menjadi bertambah. Meskipun begitu kita harus tahu dan mengerti benar tentang perawatan anjing pasca melahirkan yang benar dan tepat supaya anjing cepat sehat.

perawatan induk anjing setelah melahirkan

Perawatan Induk Anjing Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan, anjing memerlukan banyak energi karena harus menyusui anak-anaknya dan mengembalikan stamina tubuhnya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya anjing dapat berjalan normal dan menyusui anaknya pasca melahirkan. Perawatan anjing pasca melahirkan dapat dimulai dengan pemilihan dan kebersihan kandang anjing. Kandang harus dalam keadaan bersih dan hangat supaya induk dan anak anjing merasa nyaman, selain itu ukuran kandang juga harus diperhatikan supaya induk dan anak anjing tidak berdesak-desakan sehingga memiliki ruang gerak yang luas.

Untuk makanan induk anjing setelah melahirkan, Berikan anjing makanan yang bergizi lengkap seperti mengandung protein tinggi untuk mempercepat proses penyembuhan pasca melahirkan dan supaya induk anjing dapat menyusui semua anak-anaknya. Pemberian makanan bagi anjing yang baru saja melahirkan harus lebih sering dan lebih banyak karena proses menyusui memerlukan banyak tenaga dan cepat sekali lapar. Selain pemberian makanan, pemberian minuman juga harus diperhatikan, anjing dan anak-anak anjing yang baru saja lahir harus diberi air matang untuk minum.

Anjing yang baru saja melahirkan memerlukan banyak waktu untuk beristirahat, sebisa mungkin jangan biarkan anjing melakukan banyak aktivitas. Batasi waktu anjing bermain supaya anjing tidak kelelahan. Melarang anjing bermain akan membuat anjing menjadi mudah stres, sehingga harus diperhatikan benar waktu untuk bermain anjing. Induk anjing harus selalu bersih supaya saat menyusui tidak menimbulkan penyakit bagi anak-anaknya. Mandikan anjing dengan menggunakan air hangat dan sabun, lalu keringkan dengan menggunakan handuk. Induk anjing dapat dimandikan setiap hari dan setelah bulu kering, jangan lupa menyisir bulu anjing supaya bulu tetap lembut dan bersih.

Pemberian vitamin untuk menambah nafsu makan anjing sangat diperlukan pasca melahirkan. Vitamin penambah nafsu makan selain untuk meningkatkan nafsu makan karena harus menyusui juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh anjing. Vitamin yang dapat diberikan kepada anjing yaitu vitamin yang memiliki kandungan B komplek dan antibodi yang baik untuk menjaga stamina tubuh. Induk dan anak anjing dijemur di pagi hari selama 5-10 menit, supaya tubuhnya tetap segar dan merasa hangat dari sinar matahari.

Anjing yang baru saja melahirkan rentan terkena berbagai penyakit seperti infeksi kelenjar susu yang disebabkan oleh bakteri, diare hingga eklampsia (kalsium dalam darah sangat rendah). Supaya anjing kesayangan terhindar dari beberapa penyakit diatas, maka kalian harus membawa anjing ke dokter hewan supaya mendapatkan vaksin. Pemberian vaksin merupakan salah satu cara terbaik supaya anjing tetap sehat dan mempercepat proses penyembuhan pasca melahirkan. Kalian dapat bertanya dengan dokter hewan tentang jenis vaksin yang diperlukan induk dan anak anjing supaya tidak terkena penyakit, mengingat anak anjing yang baru saja lahir masih sangat rentan terhadap berbagai hal.

perawatan anjing setelah melahirkan

KB Untuk Anjing

Jika kalian merasa sudah memiliki banyak anjing sebagai hewan peliharaan, kalian dapat mensteril anjing peliharaan kalian. Untuk perawatan anjing setelah steril, berikan anjing makan dan minum setengah dari porsi biasa makan hari biasa sebelum melakukan operasi, untuk 2 jam setelah anjing menjalani operasi steril. Berikan obat pereda nyeri jika dokter memberi, tetapi jika kalian tidak diberikan obat jangan pernah memberikan obat untuk anjing kalian.

Anjing yang telah menjalani operasi tidak perlu kembali ke klinik jika kesehatan anjing tidak terganggu. Bekas jahitan dilakukan dibawah kulit dan menggunakan benang yang dapat larut ke kulit sehingga tidak ada bekas jahitan. Jangan biarkan anjing menjilat bekas jahitan karena dapat menimbulkan infeksi.

Anjing yang baru saja melakukan operasi tidak boleh melompat-lompat maupun banyak bergerak selama 1 minggu. Jika anjing banyak bergerak akan membuat bekas jahitan menjadi bengkak. Jika anjing tidak bisa buang air besar selama 72 jam, maka kalian harus segera membawa anjing ke klinik untuk mendapatkan penanganan.

Demikianlah informasi tentang cara perawatan anjing pasca melahirkan yang wajib kalian ketahui jika memiliki anjing yang sedang hamil, supaya kalian dapat mempersiapkan segala kebutuhan serta perawatan yang dibutuhkan setelah anjing melahirkan. Semoga bermanfaat.