Ketahuilah Penyebab Telinga Kucing Berair Dan Tidak Mau Makan

Telinga kucing berair dan tidak mau makan adalah salah satu tanda bahwa ada yang salah pada telinga kucing Anda. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya radang telinga yang dialami kucing Anda. Hal ini bisa terjadi diakibatkan oleh adanya penumpukan kotoran telinga di bagian dalam telinganya. Jika Anda tidak membantu kucing yang Anda pelihara untuk membersihkan bagian dalam telinganya dari kotoran maka hal itu bisa menjadi semakin parah, sebagai orang yang memelihara kucing maka tentunya Anda tidak ingin jika kucing Anda sampai sakit bukan? Pasti menyedihkan bagi Anda untuk melihat kucing yang Anda sayangi menderita suatu penyakit yang membuatnya tidak nyaman atau kesakitan. Jika Anda merasa bahwa kucing Anda mengalami perubahan perilaku dan terlihat ada yang salah pada telinganya maka Anda sebaiknya langsung memeriksakannya pada dokter hewan.

Penyebab Telinga Kucing Berair Dan Tidak Mau Makan

Tanda-Tanda Telinga Kucing Berpenyakit

Jika telinga kucing berair dan tidak mau makan itu adalah satu dari banyaknya tanda yang ditunjukkan oleh kucing Anda bahwa ada yang salah pada bagian telinganya, sebagai pemiliknya Anda tidak bisa membiarkan begitu saja jika sampai telinga kucing berair dan tidak mau makan. Sebab itu adalah tanda yang sudah serius tentang adanya penyakit pada bagian telinga kucing Anda. Ini bukanlah masalah yang sepele karena pada beberapa kasus ternyata hal tersebut menunjukkan adanya tumor atau penyakit lain pada kucing Anda. Sudah menjadi tugas Anda untuk membantu agar kucing yang Anda pelihara tetap sehat dan baik-baik saja. Selain adanya telinga yang berair, ada beberapa tanda lainnya yang harus Anda ketahui dari kucing Anda yang menunjukkan adanya kesalahan pada telinganya. Pertama telinga kucing Anda akan mengeluarkan bau tak sedap, ini adalah satu tahapan yang paling awal yang menunjukkan adanya tungau atau kotoran yang berada di dalam telinga kucing Anda. Kemudian lama kelamaan, telinga kucing Anda bisa nampak kemerahan, bahkan bisa membengkak kemudian. Nantinya kucing Anda akan terus menggaruk telinganya karena merasa tidak nyaman atau bahkan merasa bahwa telinganya mulai perih. Itulah yang menyebabkan adanya perubahan perilakunya seperti telinga kucing berair dan tidak mau makan.

kucing tidak mau makan

Penyebab Telinga Kucing Berpenyakit

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan telinga kucing berair dan tidak mau makan ini? Penyakit yang diderita kucing Anda pada saat terjadi tanda-tanda yang demikian tentunya membuat kucing Anda menjadi sangat tidak nyaman. Anda juga harus mengetahui apa penyebabnya sehingga dengan demikian ke depannya bisa meminimalkan atau menghindari penyebab tersebut agar kucing Anda bisa tetap sehat serta terhindar dari masalah penyakit ini.

Alergi

Alergi ini adalah penyebab pertama yang bisa jadi membuat telinga kucing berair dan tidak mau makan. Alergi ini bisa jadi karena adanya perubahan pada lingkungannya atau alergi makanan yang kemudian menyebabkan telinga kucing Anda menjadi bermasalah.

Parasit

Parasit pada telinga kucing biasanya berupa tungau, yang nantinya bisa menggores bagian dalam telinga kucing Anda sehingga dengan demikian bagian dalam telinganya bisa kotor serta infeksi. Inilah yang menyebabkan kucing Anda terus menerus menggaruk-garuk telinganya, jika terlalu keras menggaruknya karena ia merasa tidak nyaman dengan telinganya, maka hal itu juga bisa menyebabkan kucing Anda melukai telinganya sendiri.

Bakteri Dan Jamur

Bakteri dan jamur juga bisa jadi menjadi penyebab adanya kotoran di dalam telinga kucing Anda yang membuatnya menjadi tidak nyaman. Selain itu bisa jadi ada benda asing yang masuk ke dalam telinganya, lalu karena tidak segera dikeluarkan akhirnya membuat telinganya kotor. Anda setidaknya harus memberinya obat tetes telinga khusus kucing atau segera periksakan ke dokter jika telinga kucing berair dan tidak mau makan.