Masya Allah Begini Cara Merawat Kucing dalam Islam

Seperti yang kita ketahui kucing merupakan salah satu hewan kesayangan Rasulullah  dan Rasulullah menyayangi kucing seperti keluarga sendiri. Kucing termasuk binatang yang lucu serta di perbolehkan untuk dipelihara karena kucing mempunyai keistimewaan dan banyak manfaat dalam   Islam. Kucing yang dipelihara harus disayangi dengan berbagai cara, seperti menyediakan tempat yang nyaman serta memberi makan tepat waktu. Berikut cara merawat kucing dalam Islam yang benar.

Keistimewaan Merawat  Kucing Menurut Islam

Cara Merawat Kucing dalam Islam

Islam merupakan agama yang sempurna, Islam memperingatkan kita untuk menyayangi hewan peliharaan. Apabila kita menyakiti kucing maka akan ada balasannya seperti yang diriwayatkan dalam hadist Al-Bukhari, “ dikisahakan ada seorang perempuan yang sama sekali tidak memberi makan kucingnya, mengurungnya, dan tidak melepaskannya untuk mencari makanan, Rasulullah SAW telah menjelaskan hukuman untuk wanita ini berupa siksa neraka”.

Manfaat memelihara kucing bisa dijadikan sebagai teman oleh manusia sehingga tidak merasa kesepian.  Memelihara kucing dalam Islam memiliki beberapa keistimewaan sebagai berikut.

  • Kucing Dapat Dijadikan Sebagai  Obat Terapi untuk Mental

Kucing juga termasuk sebagai hewan yang setia kepada majikannya serta dapat menghilangkan rasa kesepian.  Sering kita lihat kebanyakan orang yang memelihara kucing sering mengajaknya bermain dan mengobrol. Tanpa kita sadari hal yang demikian dapat dijadikan sebagai obat terapi mental saat dalam keadaan emosi.

  • Mendapatkan Pahala

Dengan merawat, memberi makan, serta menyayangi kucing dengan baik maka dapat dikatakan bahwa Anda sudah melakukan kebaikan dan mendatangkan pahala. Sebagai seorang muslim yang baik jangan hanya mengharapkan pahala saja, namun niatkan dengan secara ikhlas dan semua yang dilakukan untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

Cara Merawat Kucing dalam Islam

Ada beberapa cara merawat kucing dalam Islam yang dapat Anda lakukan:

  • Menyediakan Tempat untuk Kucing Tidur

Membiasakan kucing tidur di tempat yang baik mengharuskan kita menyediakan tempat tidurnya.  Hal ini dilakukan untuk menghindari kucing tidur di sembarang tempat dan bulu-bulu yang tertinggal di tempat tidurnya tidak menyebar ke mana-mana. Bagi keluarga yang alergi akan bulu kucing, hal ini dapat membantu.

  • Memberikan Tempat untuk Kucing Menggaruk di Tembok atau di Sudut kursi

Hewan sejenis kucing mempunyai kuku-kuku yang tajam sehingga perlu untuk diasah. Berbagai jenis kucing-kucing liar lainnya sering menggaruk batang pohon. Jika di rumah, kita sering melihat kucing menggaruk bagian tembok atau bagian pinggir kursi.

Untuk menghindari  rusaknya perabotan rumah tangga akibat ulah dari  cakaran kucing, sebaiknya Anda menyiapkan tempat khusus untuk kucing menggaruk kukunya. Dengan adanya tempat  khusus , maka Anda tidak perlu khawatir akan sofa atau kursi yang rusak dari garukan kucing peliharaan kita karena kucing tersebut sudah terbiasa di satu tempat.

  • Sediakan Tempat Kucing untuk Membuang Kotoran

Dalam Islam kebersihan merupakan sebagian dari iman, maka kebersihan rumah harus tetap menjadi prioritas utama kita walaupun ada hewan peliharaan. Jika rumah yang kita tempati memiliki bau yang tidak sedap karena kotoran hewan peliharan yang bertebaran di mana-mana. Untuk menghindari hal tersebut sediakan tempat untuk kucing membuang kotorannya.

Merawat kucing adalah sebuah amanah. Merawat kucing yang benar,  Anda perlu memperhatikan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengannya. Cara merawat kucing dalam Islam harus dengan cara-cara yang baik serta perlu dijaga. Demikianlah bagaimana dalam ajaran Islam untuk memuliakan makhluk hidup di permukaan bumi ini.