Mengenal 9 Biota Laut Beserta Manfaatnya

KucingdanAnjing –  Laut memiliki ekosistem paling beragam di dunia, yang menyediakan tempat tinggal bagi berbagai bentuk kehidupan.  Tidak heran jika ada banyak contoh biota laut yang memiliki berbagai manfaat bagi makhluk hidup lainnya. Biota Laut sendiri adalah semua makhluk hidup yang berada di laut seperti hewan, tumbuhan, bahkan karang. Sebenarnya tidak hanya biota laut yang memiliki peran sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Namun dengan seimbangannya ekosistem di laut, maka akan berpengaruh baik pada ekosistem lainnya.

Laut sendiri adalah salah satu tempat yang sangat berpengaruh bagi manusia. Maka dari itu kita harus menjaga dan mencintai laut. Indonesia sendiri sebagian wilayahnya adalah lautan, tentunya banyak sekali hewan dan tumbuhan yang hidup di laut. Bahkan Indonesia disebut negara maritim yang artinya suatu negara yang memiliki daerah teritorial lautnya sangat luas.

Biota laut sendiri memiliki arti yang terdiri dari dua kata yakni “biota” dan “laut”. Biota adalah segala jenis makhluk hidup, baik tanaman dan hewan. Sedangkan laut adalah tempat bagi makhluk hidup tersebut tinggal, hidup dan berkembang biak. Sehingga, biota laut merupakan segala jenis makhluk hidup yang tinggal, hidup dan berkembang biak di laut. Sehingga secara umum, biota laut terbagi menjadi tiga kelompok besar yakni plankton, nekton dan bentos. Pembagian tersebut didasarkan pada kebiasaan hidup secara umum, seperti cara bergerak atau berjalan, pola hidup dan persebaran biota menurut ekologi.

Apa Saja Sih Biota Laut itu ? Dan Apa Manfaat Biota Laut ?

Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Spesies biota laut di Indonesia ini sangat beragam dan berpotensi besar untuk dimanfaatkan. Sebagai contoh biota laut jenis invertebrate dapat di manfaatkan sebagai bahan baku obat. Berikut adalah beberapa jenis biota laut dan manfaatnya.

  1. Spons Laut

Menurut penelitian menunjukkan bahwa spons laut berpotensi sebagai penghasil senyawa antikanker. Selain pengujian terhadap sel kanker, spons laut juga telah dikaji sebagai antibakteri, antijamur, antioksidan dan antimalaria.

  1. Karang lunak dari genus SarcophytonSinularia, dan Lobophytum 

Spesies ini merupakan spesies yang paling banyak diteliti terkait pemanfaatannya sebagai bahan baku obat. Sebagian besar senyawa metabolit sekunder yang dihasilkan karang lunak memiliki aktivitas antiinflamasi, antikanker atau sitotoksik dan antibakteri.

  1. Ganggang Laut

Ganggang laut, seperti alga dan lamun adalah komponen utama ekosistem laut. Ganggang laut berperan dalam menghasilkan oksigen, menjaga kualitas air laut, dan sebagai sumber makanan bagi beberapa biota laut, termasuk hewan herbivora dan ikan.

  1. Ikan

Ikan adalah salah satu jenis biota laut yang paling umum dan bervariasi. Hewan ini adalah sumber protein utama bagi manusia dan memberikan manfaat ekonomi melalui industri perikanan. Selain itu, ikan juga berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut dengan mengontrol populasi organisme lain.

  1. Penyu Laut

Penyu laut adalah biota laut yang membantu menjaga populasi hewan laut, seperti ubur-ubur dan spons dengan memakan mereka. Selain itu, penyu laut juga berkontribusi dalam penyebaran biji-biji tumbuhan di ekosistem laut dan merupakan spesies yang perlu dilestarikan karena terancam punah.

  1. Terumbu Karang

Terumbu karang adalah ekosistem laut yang sangat penting. Biota laut ini tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi berbagai spesies ikan dan biota laut lainnya, tetapi juga melindungi pantai dari abrasi dan badai. Terumbu karang juga memiliki potensi besar dalam penelitian ilmiah dan pengembangan obat-obatan baru.

  1. Lobster

Lobster adalah salah satu biota laut yang memiliki nilai komersial tinggi. Industri perikanan lobster menyediakan mata pencaharian bagi banyak orang dan menghasilkan pendapatan ekonomi yang signifikan. Lobster juga merupakan makanan lezat dan populer di seluruh dunia.

  1. Kepiting

Kepiting adalah biota laut yang banyak digunakan dalam industri perikanan. Kepiting juga memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem laut dengan mengontrol populasi hewan invertebrata lain seperti kerang dan tiram.

  1. Paus

Paus adalah mamalia laut yang besar dan kuat. Hewan ini memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut dengan mengontrol populasi plankton dan ikan kecil. Paus juga menjadi objek wisata alam yang menguntungkan secara ekonomi di beberapa daerah.

Leave a Comment