Mengenal Panda Lebih Dalam, Bagaimana Panda Berkembangbiak dan 5 Fakta Menarik Tentang Panda

kucingdanAnjing.com – Panda pertama kali dikenal di dunia barat pada tahun 1869 oleh misionaris Perancis Armand David (1826–1900). Panda termasuk anggota keluarga dari beruang, meskipun begitu panda berbeda dengan beruang pada umumnya, yang biasanya beruang memakan daging, namun berbeda dengan panda yang memakan bamboo.

Panda adalah hewan yang berasal dari Tiongkok tepatnya di kabupaten Wenchuan tempat Cagar Alam Nasional Wolong berada di mana tempat tersebut memiliki alam yang sesuai dengan habitat panda berada. Tempat yang dingin di pegunungan lah yang membuat habitat panda berkembang biak. Sebab di tempat ini terdapat udara yang sejuk, segar dan bebas dari polusi. Namun sayangnya giant panda termasuk spesies yang rentan punah Karena kehilangan habitatnya dan tingkat kelahirannya yang rendah.

Panda biasanya di sebut sebagai Giant Panda atau panda raksasa sebab tubuhnya yang besar seperti beruang. Panda memiliki nama latin Ailuropoda melanoleuca, yang memiliki arti ”Kaki-kucing hitam-putih”. Panda memiliki ciri – ciri dengan warna khasnya yang hitam dan putih, telinga, moncong, bahu dan kakinya yang berwarna hitam sedangkan sisanya berwarna putih. Bulunya yang tebal dan halus membuatnya nyaman tinggal di pegunungan yang dingin dan basah. Panda memiliki cakar yang ganjil dengan 5 jari. Rata – rata panda memiliki lebar badan sekitar 1,5 meter dengan tinggi kurang lebih 75 cm dan berat badan yang bisa mencapai 100-120 kg.

Panda memiliki wajah yang terlihat garang meskipun terkadang nampak lucu dan menggemaskan. Adapun arti warna hitam dan putih dalam badan panda tersebut memiliki fungsi nya seperti warna putih untuk membantunya bersembunyi di tempat bersalju, sedangkan warna hitamnya membantunya bersembunyi di tempat teduh. Adapun tanda wajah pada panda yang khas di gunakan untuk berkomunikasi dengan panda lainnya.

Panda sehari – harinya mengkonsumsi bamboo. Namun, bamboo yang biasanya di konsumsi panda mengandung nilai gizi yang sangat sedikit meskipun mengandung serat yang tinggi, sehingga panda harus makan 12 – 38kg bamboo di setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan energinya. Adapun bamboo yang panda konsumsi ada 25 jenis bamboo di alam liar, sehingga panda akan menghabiskan waktu 10 – 16 jam untuk makan dalam sehari.  Panda yang merupakan hewan yang vegetarian, namun bukan berarti panda hanya mengkonsumsi bamboo saja, adapun yang panda konsumsi selain bamboo seperti, telur, hewan kecil, dan bangkai.

Bagaimana Panda Berkembangbiak ?

Panda betina akan melahirkan 1 hingga 3 anak panda dalam sekali masa kehamilan. Namun panda betina hanya mampu menyusi 1 panda saja, karena nutrisi dalam tubuh panda betina tidak mencukupi untuk menyusui semua anak panda.

Mengapa demikian ?

Sebab panda hanya makan bamboo, di mana kandungan gizi di dalam bamboo tersebut yang membuat panda tidak mampu menyusui semua anak-anaknya. Panda betina biasanya akan menyusui bayinya sampai umur 2 tahun. Oleh karena itu panda termasuk hewan langka yang harus dijaga agar tidak punah. Proses kembangbiakan panda bisa dikatakan cukup sulit.

Anak panda biasanya dalam bulan pertama mereka, panda betina akan tetap berhubungan dengan anaknya hampir 100% sepanjang waktu. Panda betina akan melindungi anaknya dengan beristirahat di depannya dan tetap tertutup oleh kaki, lengan dan kepalanya.

Anak panda yang baru lahir akan mengandalkan induknya untuk perlindungan mereka karena mereka tidak dapat melihat, mendengar dan merangkak. Bahkan pada minggu-minggu awal, induk panda tidak akan meninggalkan anaknya bahkan ketika mereka membutuhkan makan atau penuh.

5 Fakta Menarik Tentang Panda

Panda terbilang hewan yang unik dan menggemaskan. Namun, ada banyak fakta menarik tentang panda yang perlu kamu ketahui lebih dalam, seperti :

  1. Panda sudah bisa makan sejak usia 3 bulan

Panda dapat mulai berjalan pada umur 3 bulan dan di saat yang bersamaan panda juga sudah bisa mulai makan makanan padat, termasuk bambu.

  1. Sistem pencernaan Karnivora

Panda terkenal merupakan hewan yang herbivora, namun sistem pencernaannya seperti pemangsa karnivora? Sebab panda masih berkeluarga dengan beruang. Namun demikian pencernaannya telah berevolusi sedemikian rupa, mengikuti makanannya.

  1. Menjadi symbol perdamaian dan perssahabatan

Panda sangat di sayangi oleh orang Tiongkok . sehingga tidak hanya memberinya makan saja, namun saat mengetahui ada panda yang terluka mereka langsung melaporkannya kepada pihak berwenang. Sebab panda menjadi simbol persahabatan dan perdamaian.

  1. Panda tidak pernah meraung

Meskipun masih satu keluarga dengan beruang dan beruang suka meraung, namun panda tidak. Panda memiliki 13 suara seprti : menggeram, menggonggong, mengklakson dan lainnya, tetapi panda tidak meraung.

  1. Berat badan panda dapat mencapai 150 kg

Panda sering di sebut sebagai giant panda karena bobotnya yang termasuk berukuran raksasa. Sebab, besarnya bisa mencapai 150cm dan punya berat 150kg.

Leave a Comment