Mengulik 5 Fakta Menarik Tentang Lumba – Lumba

KucingdanAnjing.com – Siapa yang tidak kenal lumba – lumba ? tentunya semua orang bahkan sudah sangat familiar dengan hewan mamalia laut yang sangat cerdas satu ini terlebih di kalangan anak – anak. Mari mengenal lumba – lumba dan fakta menarik hewan mamalia laut yang cerdas ini.

Lumba-lumba adalah hewan laut yang dapat ditemukan di seluruh perairan di dunia. Mereka merupakan kerabat dekat paus dan pesut. Meski ada berbagai spesies lumba – lumba, namun yang paling umum dan terkenal ialah lumba – lumba hidung botol. Lumba – lumba hanya memakan cumi dan ikan. Dia hidup berkelompok atau sering disebut kawanan. Lumba – lumba suka berkumpul atau sering bermain bersama lumba – lumba lainnya.

Seekor lumba-lumba tidak bisa tidur nyenyak di bawah air karena dia bisa tenggelam, maka dari itu dia hanya setengah tidur beberapa saat dalam sehari. Lumba – lumba dapat berkomunikasi, sehingga dia sering disebut sebagai hewan yang paling cerdas, melebihi simpanse sebab lumba – lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar. Di mana sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba – lumba, sehingga mereka dapat terhindar dari benturan.

Berikut ini adalah 5 fakta menarik tentang lumba – lumba seperti :

  1. Hewan Mamalia

Lumba – lumba adalah hewan mamalia laut yang bernafas dengan paru – paru. Bahkan lumba – lumba juga dapat menyusui anak-anaknya dan berkembang biak dengan cara melahirkan atau disebut juga hewan vivipar. Biasanya lumba – lumba hanya melahirkan satu anak saja dengan masa kehamilan yang berbeda – beda tergantung dengan spesiesnya, mulai dari 10 bulan hingga 18 bulan.

  1. Memiliki Lapisan Lemak yang Tebal

Lumba – lumba memiliki lapisan lemak yang sangat tebal di tubuhnya. Lemak tebal tersebut berguna untuk melindungi tubuh dari perubahan iklim yang ekstrem. Selain itu lapisan lemak yang tebal tersebut dapat membantu daya apung ketika di dalam air. Adapun Lapisan lemak juga dapat berfungsi sebagai perlindungan karena pemangsa akan kesulitan melewati lapisan lemak yang tebal ini. Uniknya ketika lumba – lumba terluka dia akan cepat sembuh, sebab dia memiliki sifat penyembuh luka yang sangat cepat.

  1. Kemampuan Ekolokasi

Lumba – Lumba memiliki kemampuan ekolokasi untuk menemukan lokasi objek yang tepat. Dia akan memanfaatkan gelombang suara yang memantul dari objek di dekat mereka di dalam air sehingga bisa melihat dengan baik ketika berenang. Lumba-lumba juga menghasilkan klik frekuensi tinggi. Klik frekuensi ini menciptakan gelombang suara yang bergerak cepat melalui air di sekitar mereka. Gelombang suara yang merambat di dalam air tersebut memiliki kecepatan hingga 5 kali daripada melalui udara. Ketika gelombang suara memantul dari objek, mereka kembali ke lumba-lumba sebagai gema.

Lumba-lumba akan menangkap gema itu dengan rahang bawah dan dahi mereka yang besar. Area ini memiliki rongga yang diisi dengan jaringan lemak yang menyalurkan suara ke telinga dan kemudian ke otak, di mana suara tersebut akan diinterpretasikan. Dengan mengombinasikan penglihatan biasa dan ekolokasi, hewan ini dapat menentukan bentuk, kecepatan, jarak, ukuran, arah perjalanan dan bahkan beberapa fakta dasar tentang internal struktur objek di air di sekitar mereka. Sehingga nantinya mereka bisa menemukan sumber makanan dan bernavigasi di perairan yang gelap atau keruh dengan mudah.

  1. Penyelam yang Hebat

Lumba – lumba terkenal sebagai hewan laut yang hebat dalam hal berenang. Mereka bisa berenang dengan kecepatan 3 sampai 7 mil per jam. Beberapa spesies bisa berenang dengan kecepatan 20 mil per jam, bahkan spesies lain bisa melebihi itu dan melakukan perjalanan dengan kecepatan 20 mil per jam. Mereka juga dikenal sebagai penyelam yang hebat. Sebagai mamalia laut, mereka bisa menyelam hingga 1.000 kaki di bawah air.

  1. Cerdas

Lumba – lumba terkenal sebagai hewan yang sangat cerdas, bahkan juga memiliki kepribadian yang ramah dan peduli terhadap hewan lain serta manusia. Bahkan menurut penelitian untuk membandingkan ukuran rasio otak dengan tubuh, lumba-lumba menempati urutan ke-2 setelah manusia. Lumba – lumba merupakan mamalia laut yang menakjubkan, dia mampu memecahkan masalah, interaksi sosial dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks. Mereka cenderung bisa membagikan pengetahuan tersebut kepada spesies lain di dalam kelompoknya.

 

 

Leave a Comment