Pengenalan Singkat Tentang Singa dan Fakta Menariknya

KucingdanAnjing.com – Singa adalah hewan mamalia pemakan daging atau sering di sebut karnivora yang orang banyak mengenalnya sebagai raja hutan. Singa merupakan hewan liar dan cukup popular. Menariknya hewan ini kerap kali diabadikan dalam patung, lukisan, film, bendera nasional, sastra dan gambar secara besar-besaran.

Singa hidup dalam kelompok yang terdiri dari seekor jantan dan banyak betina. Salah satu ciri-ciri singa memiliki perilaku menjaga daerah kekuasaannya. Ketika siang hari, kelompok singa akan berbaring selama sekitar 20 ham di bebatuan atau di bawah pohon yang teduh. Saat ini setidaknya terdapat dua spesies singa yang masih hidup di dunia, yaitu singa afrika dan singa asia.

Singa merupakan hewan terbesar dari semua kucing Afrika. Dulunya mereka berkeliaran di sebagian besar Afrika, serta sebagian besar Eropa, Timur Tengah dan Asia, kini mereka ditemukan di wilayah Afrika dan satu populasi di anak benua India. Mereka adalah spesies kucing terbesar kedua di dunia, lebih kecil dari harimau saja.

Singa merupakan satu-satunya spesies kucing besar yang membentuk kelompok sosial yang terdiri dari jantan dominan, jantan dewasa, betina dan anaknya. Bahkan singa menghabiskan seluruh waktunya bersama dalam suatu kebanggaan kecuali saat mereka berburu, melahirkan atau kawin. Interaksi antar singa dalam kawanannya sangat penting dan menjaga ikatan antar individu serta menjaga perdamaian dalam kelompok. Interaksi sehari-hari ini dapat dilihat dalam berbagai cara.

Singa merupakan hewan hiper-karnivora generalis, yang artinya mereka dapat bertahan hidup dalam berbagai kondisi lingkungan dan membutuhkan daging dalam jumlah besar sebagai makanan mereka. Cara mereka mendapatkan makanannya mereka harus berburu untuk makan.

Singa gemar memangsa rusa dan chita. Namun singa terkadang juga membunuh hewan yang lebih besar, terutama yang sakit atau terluka dan memakan daging yang ditemukan seperti bangkai. Singa memakan mangsanya di tempat berburunya, bahkan terkadang mereka harus menarik mangsa besar ke tempat lain. Masing-masing singa biasanya akan memakan sekitar 5 hingga 7 kilo daging per harinya.

Apa Saja Fakta Menarik Tentang Singa ?

Singa dapat di kategorikan memiliki prilaku yang sangat unik jika di bandingkan dengan hewan lainnya. Adapun beberapa fakta menarik tentang singa, seperti :

  • Singa sangat menjaga daerah kekuasaannya, maka ketika siang hari kelompok singa akan berbaring di bebatuan atau bawah pohon. Tiap kelompoknya terdiri dari 1-6 singa jantan dan 4-15 singa betina.
  • Masa kehamilan singa betina adalah 98-120 hari dengan jumlah bayi yang dilahirkan setiap masa persalinan adalah 1-6 ekor. Bayi singa tersebut akan disusui selama 7-10 bulan.
  • Anak singa baru bisa makan daging setelah berusia 3 bulan dan mulai ikut berburu saat usia 1-2 tahun.
  • Bulu di sekitar tengkuk singa jantan memberi keuntungan ketika terjadi perkelahian utamanya karena singa jantan senang saling mencengkram tengkuk ketika berkelahi. Sementara singa betina tidak memilih surai karena tugasnya berburu mangsa.
  • Jika seekor singa jantan merebut wilayah kelompok lain, singa tersebut akan membunuh anak singa jantan di kelompok tersebut.
  • Singa sangat tidak suka air dan tidak dapat berenang.
  • Singa dapat hidup di alam liar rata-rata antara 10-15 tahun, namun jika di dalam suaka bisa hidup hingga 20 tahun atau lebih.

Selain Fakta menarik tentang singa, ada 6 jenis singa yang harus anda ketahui, yaitu :

  1. Singa Katanga (Singa Afrika Barat Daya)
  2. Singa Kongo (Singa Kongo Timur Laut)
  3. Singa Transvaal (Singa Tenggara)
  4. Singa barbar
  5. Singa Nubian (Singa Afrika Timur)
  6. Singa asia

 

Leave a Comment