Penyebab Kucing Bernafas Cepat Karena Sakit? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kamu tahu tidak penyebab kucing bernafas cepat? Biasanya binatang yang lucu dan menggemaskan ini bernafas dengan sangat cepat dikarenakan kucing sedang sakit. Ini juga dapat menjadi pertanda bahwa kucing sedang mengalami gejala penurunan kekebalan tubuh. Tentunya ini membuat kamu sebagai sang majikan akan merasa khawatir terhadap kondisi yang dialami peliharaanmu.

Lalu bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi penyebab kucing bernafas cepat? Berikut ini adalah beberapa cara yang paling tepat untuk memberikan pertolongan pertama bagi kucing yang bernafas cepat.

penyebab kucing bernafas cepat

Menggendong

Pertolongan pertama untuk mengatasi kucing yang bernafas cepat adalah dengan cara mendekap atau menggendong kucing tersebut. Ini dikarenakan dekapan ataupun gendongan mampu memberikan stimulus berupa ketenangan bagi kucing. Sehingga, meskipun cara ini tidak menyembuhkan, namun setidaknya cara ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama. Jadi kucing merasa lebih diperhatikan dan nyaman. Kondisi ini, sedikit demi sedikit akan merangsang kucing untuk memperlambat hembusan nafasnya.

Mengelus Kucing

Sama halnya dengan menggendong, mengelus kucing juga tidak bisa mengobati sakit yang diderita kucing. Namun memberikan elusan kepada kucing, akan membuat kucing merasa lebih nyaman. Apalagi kucing adalah salah satu hewan yang paling senang dielus. Terlebih elusan juga dapat menjadi pertanda serta sarana untuk mencurahkan rasa sayangmu terhadap kucing peliharaanmu.

kucing bernafas cepat

Bersihkan Kandang

Penyebab kucing bernafas cepat bisa saja terjadi karena kandang kucing sudah kotor dan lama tak dibersihkan. Hal ini disebabkan faktor lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan hewan peliharaan, termasuk kucing. Untuk itu, kamu harus rutin dan menyempatkan waktu untuk membersihkan kandang hewan peliharaanmu secara berkala.

Minimal kamu harus membersihkan kandang kucing peliharaanmu sehari sekali. Untuk memastikan agar kotoran kucing terbuang setiap hari. Sehingga tidak ada bakteri ataupun virus yang tinggal di dalam kandang.

Bawa ke Pet Shop

Kamu tidak boleh panik, ketika mengetahui kucing kesayanganmu bernafas dengan sangat cepat. Walaupun penyebab kucing bernafas cepat kebanyakan adalah karena sakit, namun dengan kepanikan kamu, kamu akan membuat kondisi kucing jadi tambah parah. Selain dengan mengelus atau menggendong kucing, kamu bisa langsung membawa kucing kesayanganmu ke Pet Shop ketika mengalami gejala bernafas cepat.

Ini ditujukan agar kamu bisa mendapatkan rekomendasi obat-obatan yang tepat serta bantuan berupa pertolongan dan perawatan terbaik bagi kucing peliharaanmu yang sedang sakit. Sehingga, kucing bisa cepat sembuh.

Pergi ke Dokter

Selain ke Pet Shop, kamu juga bisa membawa kucing yang bernafas dengan cepat ke Dokter Hewan. Bahkan dokter mampu memberikan diagnosis yang lebih tepat terhadap kondisi kucing. Sehingga kita bisa lebih mudah dalam melihat serta mengetahui kondisi yang dialami oleh kucing kita, melalui hasil pemeriksaan dokter.

Dalam kasus sejenis ini, dokter hewan biasanya lebih paham tentang kondisi dan langkah-langkah yang harus dilakukan. Sehingga daripada ke Pet Shop, sebenarnya kamu lebih dianjurkan ke dokter jika mengalami kejadian serupa. Ini juga dikarenakan dokter juga akan memberikan vaksin dan obat-obatan khusus untuk meredakan nafas cepat yang dialami kucing. Hal ini tentunya membuat kucing bisa lekas sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Itulah beberapa cara yang paling tepat untuk mengatasi kucing yang bernafas dengan cepat. Meskipun masih ada banyak cara lain, namun cara-cara tersebut yang dinilai lebih efektif dalam memberikan pertolongan kepada kucing peliharaanmu. Semoga informasi ini bisa sedikit bermanfaat dan membantu, bagi kamu yang sedang kesulitan untuk mengatasi dan memberikan pertolongan pertama terhadap penyebab kucing bernafas cepat.