Punya Kucing Kurus?? Pakai Cara Ini Agar Kucing Gemuk dan Gemesin

Pakai Cara Ini Agar Kucing Gemuk Gemesin

Kucing termasuk hewan pemakan segalanya namun condong ke karnivora, 80% komposisi makanan kucing adalah berbau daging dan sisanya berbau sayuran. Penyeimbangan ini bertujuan agar tubuh kucing tidak lekas tua dan penyakitan. Umur kucing bisa lebih lama jika Anda menjanjikan perawatan yang terbaik. Mendapatkan kucing idaman bisa dengan cara merawat kucing agar gemuk di bawah ini.

Berilah Tinggi Protein

Menu makanan yang tinggi protein bisa dengan mudah Anda temukan di sekitar misalnya ikan, daging dan olahan ikan. Kucing akan lebih lahap dengan menu mentah tanpa bumbu artinya bahwa tidak dimasak layaknya pada manusia. Anda bisa menambahkan menu instan pakan kucing tinggi protein yang sudah banyak beredar di pasaran.

Rangsang dengan Nafsu Makan

Kondisi tubuh kucing yang mulai menunjukkan gejala sakit atau setelah sakit biasanya akan menurunkan nafsu makan. Anda bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan pada kucing dengan dosis yang ada. Tetapi, pemberian vitamin ini harus Anda hentikan jika kucing sudah pulih nafsu makannya. Kelebihan vitamin akan berdampak pada bobot kucing yang obesitas.

Vitamin Tubuh

Banyak sekali nutrisi vitamin kucing yang membuatnya gemuk, aktif dan tidak mudah sakit. Salah satu vitamin dari minyak ikan akan membuat bulu kucing berkilau dan daya tangkapnya lebih cepat. Jika kucing enggan untuk minum vitamin ini, Anda bisa campurkan dengan makanannya, jangan dengan susu karena membuat tawar (netral).

Peka Dengan Menu Makanan

Jika Anda memelihara kucing hias (Anggora, Persia) jangan sembarangan memberikan pakan apalagi ikan asin yang biasa dijual di pasar. Pakan ikan asin ini akan membuat kucing sensitif dan memungkinkan alergi. Alergi pada kucing bisa berupa bulu rontok, hidung gatal dan sebagainya. Ada menu biskuit kucing (Royal Canin Exigent) dari bahan pokok ikan laut yang sudah disaring toksinnya sehingga aman untuk dimakan. Memang Anda harus uji coba pakan kucing jika ingin tahu seleksi anti alerginya.

Vaksinasi

Vaksin kucing ini bisa Anda peroleh dengan mengunjungi dokter hewan, vaksin ini bertujuan agar kucing terhindar dari virus penyebab penyakit menular. Kelihatannya kucing hewan bandel tetapi untuk jenis tertentu memang ada kucing yang mudah terserang rabies (kotoran mata).

Suplai Susu Kucing

Susu kucing memang sudah banyak dijual di toko pakan hewan namun jika Anda kepepet kehabisan dan kucing membutuhkan susu, Anda bisa mencoba susu sapi netral. Susu ibaratnya adalah pembantu protein hewani untuk kebutuhan gizi kucing. Ada kalanya kucing banyak makan tetapi masih kurus saja, kemungkinan gizinya masih kurang juga bisa. Anda bisa tambahkan air minum matang agar tidak pilek, jangan biarkan kucing Anda minum dari air kotor. Latihlah dengan menyediakan air minum di wadah mungil lucu khusus buat kucing, lambat laun akan terlatih menikmati minuman yang higienis.

Ajak aktivitas

Kucing yang terlalu banyak makan dan tidur memang cepat gemuk tetapi kurang produktif dan malahan membuat menyebalkan. Ajaklah kucing aktivitas di luar rumah setelah makan, Anda bisa sambil berolahraga dengan kucing kesayangan. Dengan kucing beraktivitas yang banyak inilah lemak jenuh di tubuhnya akan terbakar dan tidak menjadi penumpukan lemak jenuh. Gantilah dengan susu setelah usai beraktivitas semacam ini.

Tujuh cara merawat kucing agar gemuk di atas sudah banyak dilakukan dan hasilnya memuaskan, Anda bisa cobakan dengan kucing di rumah ya!