Rekomendasi Obat Cacing Untuk Kucing Paling Manjur

Kucing menjadi hewan yang menggemaskan dan teman yang asik diajak bermain. Akan tetapi jika melihat ia tidak napsu makan dan cacingan tentu merasa sangat khawatir bukan? Sebenarnya untuk mencegah kucing sakit bisa menggunakan vaksin. Itu merupakan bentuh pertahanan dan pencegahan berbagai virus yang bisa menyerang kucing. Namun tidak semua penyakit memiliki vaksin. Oleh sebab itu kamu harus memilih obat cacing yang tepat untuk membasmi cacing pada kucing. Lalu apasajakah obat cacing untuk kucing yang ampuh membasmi cacingan? Simak ulasannya berikut ini.

Ciri-ciri Kucing Cacingan

kapan kucing di berikan obat cacing

Beberapa orang mungkin masih belum mengetahui apa saja tanda kucing cacingan. Sebagian dari mereka juga kadang menganggapnya biasa hingga kucing menjadi parah. Ciri-ciri kucing yang cacingan biasanya ditandi dengan tidak nafsu makan dan berut yang buncit, akan tetapi pada bagian dada terlihat kurus. Hal itu dikarenakan nutrisi yang dimakan kucing diserap oleh cacing, sehingga kucing akan merasa selalu lapar dan haus.

Selain itu mata kucing juga berair atau belekan dengan warna hijau. Jika sudah parah maka kucing akan mengeluarkan cacing ketika BAB. Biasanya diserati diare dan mutah. Jika sudah seperti itu sebaiknya kamu periksakan ke dokter hewan agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindari infeksi pada usus dan dehidrasi.

Macam-macam Obat Cacing Untuk Kucing

Obat cacing untuk kucing di pasaran memang beragam. Berbagai merk dengan variasi harga menawarkan berbagai manfaat untuk membasmi cacingan. Berikut rekomendasi obat cacing yang ampuh dan efektif membasmi cacingan.

Drotal Cat

obat cacing untuk kucing

Rekomendasi pertama yang bisa kamu coba adalah drontal cat. Memiliki manfaat untuk memberantas cacingan secara menyeluruh. Bekerja sebagai penghilang parasit usus seperti cacing tambang, cacing gelang, dan cacing pita pada kucing. Cara penggunaan obat ini juga mudah. Berikan obat ini sesuai dengan berat badan kucing mu. Tiap 1 tablet drontal cat bisa diberikan pada 4kg berat badan kucing.

Lalu kapan kucing diberikan obat cacing? Jika pada anak kucing maka bisa diberikan pada usia 6 minggu, 8 minggu, 10 minggu, dan 12 minggu. Setelah itu berikanlah pada usia 1 sampai 6 bulan. Selanjutnya obat cacing ini bisa kamu berikan setiap 3 bulan sekali ketika usia kucing telah dewasa. Berikan obat cacing secara teratur agar menghindari kucing dari cacingan dan tetap sehat.

Vermox

Obat cacing untuk kucing selanjutnya ada vermox. Mengandung mebendazole obat ini membasmi cacing gelang dan pita. Cara penggunaannya juga disesuaikan dengan berat badan si kucing. Yang harus kamu perhatikan adalah jangan memberikan obat cacing ketika hamil. Karena bahaya obat cacing untuk kucing jika diberikan saat hamil. Sebaiknya kamu menunggu induk kucing melahirkan terlebih dulu. Kemudian berikan obat cacing pada sang induk. Untuk anaknya kamu bisa memberikan obat tersebut ketika usianya cukup yaitu sekitar berusia 6 minggu.

Combantrine

Combantrine menjadi jenis obat cacing untuk kucing selanjutnya. Obat ini dibuat untuk mengusir anti parasit bagi manusia, namun ternyata comabntrine juga efektif untuk membasmi cacing gelang pada kucing. Jika kamu ingin menggunakan obat ini untuk kucing haruslah berhati-hati karena dosisnya agak berbeda. Disarankan agar berkonsultasi ke dokter hewan jika ingin memberikan obat ini.

Itulah rekomenadsi obat cacing dan kini kamu telah mengetahui ciri kucing cacingan bukan? Maka pilihlah obat cacing untuk kucing yang tepat.

Tags: