Ternyata Begini Cara Merawat Kucing Baru Lahir agar Tetap Tumbuh Sehat

Bagi Anda penyuka kucing  dan memiliki bayi kucing yang baru lahir adalah  sebuah hal yang menggembirakan. Melihat bayi kucing yang lucu dan imut menjadi kesenangan tersendiri. Namun, merawat bayi kucing yang baru lahir tidaklah mudah. Bayi kucing memerlukan perawatan dan perhatian setiap waktu. Jika anak kucing masih ada induknya, maka induknya lah yang menyediakan segala kebutuhan bayinya. Jika tidak ada induk kucing Anda bisa mengambil alih tugas induknya. Ada beberapa cara merawat kucing  baru lahir yang bisa Anda perhatikan agar tetap tumbuh sehat.

  1. Memberi Bayi Kucing Makan

Memberi makan pada bayi kucing yang baru lahir perlu mempertimbangkan situasinya, seperti apakah induk kucing masih merawatnya, usia anak kucing, hingga kesehatan bayi kucing tersebut. Apabila Anda melihat beberapa bayi kucing yang terpisah dengan induknya, seperti kehangatan, bantuan untuk buang air, serta makanan.

  1. Tempatkan Bayi Kucing Bersama Induknya dan Jangan Dipisahkan

Cara Merawat Kucing Baru Lahir

Bayi kucing sangat bergantung pada induknya maka bayi kucing tidak boleh dipisahkan dengan induknya. Induknya akan merawat bayinya dengan memberikan rasa hangat, menyusui, serta membersihkan. Tidak hanya itu, tempatkan bayi kucing dan induknya di satu kandang yang ukurannya lebih luas .

  1. Jaga Suhu Kandang agar tetap hangat

Jika Anda menyediakan kandang untuk bayi kucing perlu untuk menjaga suhu kandang atau ruangan agar tetap hangat karena bayi kucing sangat rentan akan udara yang terlalu panas maupun dingin. Bila perlu coba pasang bohlam pijar agar si bayi kucing tetap hangat di kandang.  Usahakan kandang kucing ditempatkan pada tempat yang hangat agar terhindar bila terjadi hujan.

  1. Timbang Berat Badan Bayi Kucing setiap hari selama dua bulan pertama

Menimbang berat badan bayi kucing perlu dilakukan untuk mewaspadai akan penurunan atau peningkatan berat badan bayi yang berlebihan. Penambahan berat badan bayi kucing setiap hari normalnya 10 gram. Jika kurang dari 10 gram, Anda perlu memperhatikan induknya menyusui normal apa tidak. Jika normal , namun bayi kucing masih kurus, berikan nutrisi untuk meningkatkan nafsu makan pada  bayi kucing.

  1. Bersihkan  Mata Bayi Kucing secara Rutin

Ketika usianya masuk 2 minggu mata bayi akan terbuka rajinlah membersihkan mata bayi kucing setiap harinya agar tetap bersih. Anda bisa menggunakan air hangat saat membersihkan mata bayi kucing.

  1. Berikan Susu Tambahan

Ketika bayi kucing sudah terlihat besar dan gerakannya sudah lincah bermain maka kebutuhan nutrisi dan makannya semakin bertambah sementara produksi air susu induknya sudah mulai berkurang. Dengan demikian Anda perlu memberi susu tambahan 5 kali dalam sehari dengan ukuran 10-15 ml setiap harinya.

  1. Jangan Dimandikan Sebelum Usianya 9 Minggu

Bayi kucing memang perlu dijaga kebersihannya agar terhindar dari penyakit dan tetap sehat. Namun,  jangan mandikan bayi kucing sebelum usianya masuk 9 minggu. Karena bila dimandikan maka si induk kucing akan mengabaikannya tentu saja kurang baik bagi pertumbuhan bayi kucing tersebut.

  1. Bawa ke Dokter Hewan Secara Berkala

cara merawat kucing  baru lahir yang Anda lakukan, memeriksa bayi kucing ke dokter hewan secara berkala untuk bisa diberikan vaksin agar terhindar dari berbagai virus dan bakteri. Jika ada hal yang serius berikan penanganan karena bayi kucing jarang yang bisa bertahan hidup apabila sudah terjangkit virus penyakit. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan atau pada pemilik kucing  yang sudah handal dalam urusan merawat bayi kucing sehingga wawasan Anda bertambah luas.

Tags: